Gubri Syamsuar Puji Lapangan Sepadan Desa Pendalian Rohul

Editor: romi syah author photo

Gubernur Riau H Syamsuar (enam kanan) didampingi Wakil Gubernur Riau H Edy Natar dan Bupati Rohul H Sukiman bersama forkopimda melakukan tendangan bola pertama pada pertandingan ekshibisi ASN Pemprov Riau dan Pemkab Rohul sekaligus tanda diresmikan Lapangan Sepadan Desa Pendalian Kecamatan Pendalian IV Koto, Kabupaten Rohul, Sabtu (14/5/2022)






dailysatu.com-  Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) telah memiliki lapangan sepakbola berukuran standar FIFA  yakni Lapangan Sepadan di Desa Pendalian, Kecamatan Pendalian IV Koto. Lapangan yang menjadi ikon dan kebanggaan masyarakat Desa Pendalian khususnya Kabupaten Rohul ini dibangun melalui Dana Desa dengan total anggaran sekitar Rp2,4 miliar. 


Lapangan  di desa pinggiran Kabupaten Rohul ini telah diresmikan Gubernur Riau H Syamsuar yang melakukan kunjungan kerja, Sabtu (14/5). Gubri pun memuji lapangan ini.  


"Lapangan Sepadan ini tidak ada lawan untuk desa lainnya di Riau. Kami harapkan desa-desa lain bisa termotivasi dengan memanfaatkan potensi desa yang ada untuk memajukan dan mengembangkan desanya," ujarnya. 


Dikatakan Syamsuar lapangan ini kualitasnya bisa bersaing dengan lapangan sepakbola yang di bangun Pemprov Riau. Bahkan boleh dikatakan satu-satunya lapangan sepakbola terbaik yang berada di tingkat desa. Tentunya keberadaan lapangan ini memberikan dampak positif terhadap berkembang kemajuan desa yang dapat meningkatkan prekonomian masyarakat Desa Pendalian, Kecamatan Pendalian dan bibit sepakbola di Riau, khususnya Rohul. 


Lebih lanjut, Syamsuar mengatakan dalam bidang olahraga, Provinsi Riau memiliki potensi atlet yang berprestasi. Salah satunya seperti atlet dayung pernah mendapatkan medali emas di  SEA Games. 


"Tak sia-sia kita selama ini membina atlet-atlet tersebut. Ini juga tentunya menjadi kebanggaan kita bersama," jelasnya. 


Gubri mengucapkan terima kasih antusias masyarakat yang telah menyambut kedatangannya bersama Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution dalam rangkaian kunjungan kerja di Desa Pendalian  untuk melaksanakan sejumlah agenda di Rohul. 


Peresmian ditandai dengan tendangan bola pertama oleh orang nomor satu di Riau ini saat pertandingan ekshibisi Tim ASN Pemerintah Provinsi Riau melawan  ASN Pemerintah Kabupaten Rohul. 


 Turut mendampingi Wakil Gubernur Riau H Edy Natar Nasution, Bupati Rohul H Sukiman, Wakil Bupati Rohul H Indra Gunawan, forkopimda, Sekda Rohul Muhammad Zaki SSTP MSi, para kepala OPD Provinsi Riau dan Kabupaten Rohul, camat, kepala desa se-Rohul serta masyarakat Kecamatan Pendalian IV Koto.


 Tampak hadir juga Ketua TP PKK Provinsi Riau Hj Misnarni Syamsuar, Wakil Ketua TP PKK Riau Suti Muryati Edy, Ketua TP PKK Rohul Hj Peni Herawati Sukiman, Wakil Ketua TP PKK Rohul Hj Sri Yulita Indra Gunawan, dan pengurus TP PKK Kecamatan se-Rohul. 


 Sementara itu, Bupati Rohul H Sukiman mengucapkan terima kasih kepada Gubernur dan Wakil Gubernur Riau yang berkesempatan hadir untuk meresmikan Lapangan Sepakbola Sepadan, Desa Pendalian, Kecamatan Pendalian IV Koto ini. 


Dikatakannya,  kunjungan ke Rohul ini tentunya dapat menambah semangat dalam menggelorakan olahraga sepakbola di Kabupaten Rohul, apalagi dengan didirikannya lapangan sepakbola Sepadan yang menjadi salah satu ikon dan kebangaan masyarakat Rohul, khususnya Desa Pendalian. 


Dijelaskannya, Lapangan Sepadan ini dibangun dengan menggunakan dana desa. Lapangan tersebut dikelola oleh dana desa. Lapangan tersebut dikelola oleh dana BUMDes Mandiri Desa Pendalian yang telah menghabiskan anggaran sekitar Rp2,4 miliar.


"Lapangan yang indah ini berstandar internasional dengan menggunakan dana desa yang dikelola oleh BUMDes Mandiri desa Pendalian. Untuk membangun lapangannya saja menghabiskan anggaran sebanyak Rp1,8 miliar. Tribun dan fasilitas lainnya sebanyak Rp600 juta. Jadi totalnya semua Rp2,4 miliar," tuturnya. 


Sukiman menambahkan ukuran lapangan ini berstandar FIFA yakni 109 meter x 72 meter, jenis rumput yang dipakai  Zoysia Matrella dan telah memiliki sistem penyiraman irigasi sprinkler. 


Dukungan Infrastruktur Kendati telah diresmikan, Bupati Rohul H Sukiman meminta  dukungan Pemprov Riau dalam hal ini Gubernur Riau untuk dapat memperhatikan  pembangunan infrastruktur jalan ruas provinsi menuju Kecamatan Pendalian IV Koto. 


Apalagi,  akses jalan Simpang Pir-Pendalian ini sebagai akses perekonomian masyarakat Tandun dan jalan menuju ke lapangan Sepadan. Di saat musim penghujan, di sejumlah titik jalan Jalan Simpang Pir-Pendalian tergenang air dan menghambat kelancaran transportasi angkutan produksi pertanian dan perkebunan masyarakat Pendalian IV Koto. 


"Kita harapkan dukungan pembangunan infrastruktur jalan dari Pak Gubernur Riau untuk akses jalan menuju Kecamatan Pendalian IV Koto," ujarnya. 


Sementara itu, Kepala Desa Pendalian Muliadi AMD  mengaku kondisi Jalan Simpang Pir-Pendalian yang saat ini berbatu dan bertanah tersebut menjadi harapan besar masyarakat kepada Pemprov Riau. 


Sebab, yang menjadi kendala saat ini memang kondisi jalan untuk mencapai akses ke Lapangan Sepadan masih ada yang belum diaspal sepanjang 18 km dan masih jalan tanah. 


Kemudian ruas jalan provinsi Rokan–Pendalian Dusun Batas diperkirakan masih ada 12 km yang belum diaspal. 


"Betul akses jalan menjadi kendala selama ini oleh tim-tim dari luar kabupaten dan Provinsi Riau yang datang bertanding  ke Pendalian ini. Harapan kami,  salah satu tujuan dibangun lapangan ini agar kami dapat perhatian Pemprov Riau," sebutnya. 


Dia berharap  Gubri dapat mengakomodir peningkatan beberapa fasilitas di lapangan yang belum ada. Diharapkan Pemprov Riau yang memiliki anggaran lebih besar bisa melengkapi fasilitas olahraga yang belum bisa diadakan. 


Menanggapi aspirasi masyarakat, Gubernur Riau H Syamsuar mengaku akan membangun ruas jalan lintas provinsi yang menjadi kewenangan provinsi. Meski sebagian akses jalan ke Pendalian berstatus jalan kabupaten, Gubernur akan bersinergi dengan Pemkab Rohul. 


"Kami tetap membangun ruas jalan provinsi dan bersinergi dengan Pemkab Rohul karena keterbatasan anggaran maka kita bertahap mengerjakannya. Tapi kalau tak salah ruas ini belum masuk ruas provinsi, ini jalan ruas kabupaten. Tapi bagaimanapun kita bekerja sama dengan Pemkab Rohul sehingga nanti ada bagian masing-masing lah sesuai dengan dana yang tersedia," terang Gubri.(ds/ali/adv/diskominforohul)

Share:
Komentar

Berita Terkini