Bupati Eddy Berutu Launching Desa Peduli Pemilu Dan Pemilihan, 4 Desa Jadi Lokusnya

Editor: dailysatu author photo

dailysatu.com - Berbagai tahapan untuk Pemilu tahun 2024 mendatang sudah mulai dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Salah satunya adalah KPU Kabupaten Dairi melakukan launching Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan (DP3) di Desa Bintang Hulu Kecamatan Sidikalang.

Acara tersebut digelar di halaman gereja HKI Pancuran, Selasa (24/5/2022). Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan di launching oleh Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Ketua KPU Provinsi Sumatera Utara Herdensi, Komisioner KPU Sumatera Utara Benget Silitonga, Ketua KPU Dairi Freddy Sinaga serta Komisioner KPU Dairi.Eddy Keleng Ate dalam kegiatan tersebut mengatakan pesta demokrasi yang dinantikan oleh seluruh masyarakat akan digelar pada tahun 2024 tepatnya pada Rabu 14 Februari 2024 untuk memilih Presiden dan Anggota Dewan baik di pusat maupun daerah. 

Sedangkan untuk pemilihan Kepala Daerah secara serentak, pria yang pernah kuliah di Universitas Katolik Parahyangan Bandung berujar akan dilakukan pada Rabu 27 November 2024.

“Pendidikan pemilu untuk pemilihan kepala daerah merupakan elemen penting dalam demokrasi kita. Kami Pemerintah Kabupaten Dairi sangat mendukung atas hadirnya desa peduli pemilu dan pemilihan ini,” ucapnya.

Ia berujar bahwa desa merupakan tingkatan yang paling kecil di tingkat kabupaten, apabila tingkat desa ini sudah mampu mandiri dalam konteks politik diharapkan akan memberikan dampak bagi tingkatan sosial yang lebih besar sehingga partisipasi masyarakat yang lebih luas dalam pelaksanaan pemilu dapat dicapai secara bersama.

Khususnya kepada generasi muda, Bupati yang pernah meraih penghargaan The Best CEO on Business Strategic dari business review, sangat ingin mengetahui informasi tentang pemilu, oleh karena itu hadirnya desa pemilu dan pemilihan ini sangat diperlukan khususnya bagi generasi muda.

“Kepada KPU Dairi, mari untuk memanfaatkan seluruh sarana komunikasi yang dimiliki oleh pemerintah seperti podcast, sidumasda, info dairi yang merupakan sarana milik bersama karena dikelola oleh pemerintah. Kita harapkan pelaksanaan pemilu di tahun 2024 nanti akan lebih baik dari tahun yang sebelumnya,” ucapnya mengakhiri kata sambutannya.

Sementara itu, Ketua KPU Sumatera Utara dalam sambutannya mengatakan desa peduli pemilu dan pemilihan merupakan program unggulan dari KPU RI dalam rangka memberikan Pendidikan kepada masyarakat tentang pentingnya berdemokrasi. Pelaksanaan pemilu diharapkan Herdensi tidak akan menjadikan perpecahan diantara masyarakat, para partai politik ataupun para calon diharapkan akan mengajak masyarakat untuk berargumen tentang bagaimana membangun bangsa ke depannya.

“Kedaulatan itu ada di tangan masyarakat, kedaulatan itu dititipkan kepada eksekutif dan legislatif yang nantinya akan terpilih dalam pemilu 2024. Dengan berdemokrasi kita ini akan lebih maju dan lebih baik. Terimakasih kepada Pak Bupati atas dukungan yang telah diberikan kepada KPU. Pengkaderan ini sangat penting karena memang kami dari KPU memiliki keterbatasan jumlah sumber daya manusia. Kita berharap pemilu 2024 nanti akan menjadi pemilu yang lebih baik dari pemilu yang sebelumnya,” ujarnya.

Ketua KPU Dairi Freddy Sinaga menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Dairi khususnya kepada Bupati Dairi atas dukungan yang diberikan kepada KPU Dairi sehingga launching desa peduli pemilu dan pemilihan dapat terlaksana. Pendidikan pemilu dikatakan Freddy Sinaga memiliki peran yang sangat penting untuk menyongsong pemilu tahun 2024.

“Pemilihan Presiden dan Anggota Dewan akan dilakukan pada tanggal 14 Februari 2024 dan Pemilihan Kepala Daerah secara serentak pada tanggal 27 November 2024,” ujarnya.

Pengkaderan di desa peduli pemilu dan pemilihan Ia ucapkan merupakan upaya dari KPU untuk meningkatkan partisipasi pemilu disetiap tahapan pemilu baik pemilihan umum maupun pemilihan kepala daerah khususnya di Kabupaten Dairi. Lebih lanjut dikatakan Freddy, program ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran politik bagi masyarakat.

“Terdapat 100 orang kader pemilu dari 4 lokus, masing-masing 25 orang yang akan disebar untuk menjadi garda KPU dalam menyampaikan pentingnya untuk sukseskan pemilu 2024,” kata Freddy Sinaga.

Turut hadir dalam launching tersebut Kepala Badan Kesbangpol Mahadi Kudadiri, Camat Sidikalang Swanto Sitakar, Camat Siempat Nempu Marhaban Kudadiri, Camat Tigalingga Untung Nahampun, Camat Sumbul Tetap Lingga.(Hartono)

Share:
Komentar

Berita Terkini