Babinsa Koramil 03/Parongil, Pantau dan Pastikan Harga Sembako Menjelang Lebaran Idul Fitri

Editor: dailysatu author photo

dailysatu.com - Guna mengetahui kestabilan harga sembako jelang Lebaran Idul Fitri, Babinsa Koramil 03/Parongil jajaran Kodim 0206/Dairi Sertu Ganda Carles Naibaho melaksanakan pemantauan Harga Sembilan Bahan Pokok (Sembako), kegiatan berlangsung di toko-toko yang ada di wilayah Kelurahan Parongil, Kecamatan Silima Pungga Pungga, Kabupaten Dairi, Minggu (1/5/ 2022)

Dari hasil pantauan di lapangan, secara umum harga bahan pokok jelang Lebaran di tahun ini relatif stabil, meski ada yang mengalami kenaikan harga kelangkaan kebutuhan sembilan bahan pokok tetapi masih terpantau wajar dan tidak melebihi harga acuan penjualan di konsumen.

Dalam kegiatan pengecekan ini, Babinsa langsung terjun kelapangan sebagai antisipasi terhadap tersedianya kebutuhan sembako masyarakat khususnya diwilayah Kecamatan Silima Pungga Pungga.

Selain itu, hal tersebut bertujuan untuk pengumpulan data teritorial (Puldata Ter) di antaranya melalui kegiatan monitoring harga sembako yang ada di wilayah.

Sertu Ganda Carles Naibaho mengatakan, upaya ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan dengan bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan harga bahan pokok yang dilakukan para pedagang.

“Meski ada beberapa bahan pokok yang mengalami kenaikan diantaranya cabai merah, cabai rawit, bawang merah/putih dan daging ayam namun tidak terlalu signifikan dan ada juga terjadi kelangkaan seperti minyak goreng,” ucapnya.

Menurut Sertu Ganda Carles Naibaho bahwa, kenaikan harga sembako biasanya mulai terasa menjelang H-1 lebaran atau hari raya.

“Semoga tidak terjadi lonjakan harga menjelang lebaran tahun ini, mengingat kondisi ekonomi rakyat yang masih belum stabil akibat pandemi Covid-19″ ujar Sertu Carles Ganda Naibaho.(ds/Hartono)

Share:
Komentar

Berita Terkini