Sukseskan Program Pemerintah, Bupati Humbahas Apresiasi Warga Desa Hutasoit I dan Hutasoit II

Editor: dailysatu author photo

Teks foto: Bupati Humbahas, Dosmar Banjarnahor saat melakukan panen raya tanaman jagung bersama warga.
dailysatu.com - Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas), Dosmar Banjarnahor mengapresiasi warga Hutasoit I , dan II yang turut serta mensukseskan program pemerintah di bidang pertanian khususnya program tanam jagung.

Hal itu dikatakan Bupati Dosmar di sela-sela melakukan panen raya tanaman jagung secara terpisah, Jumat (1/4/2022).

Bupati Dosmar juga berharap, agar warga lainnya juga melakukan hal yang sama. " Saya berharap, warga lainnya juga ikut bertanam jagung. Karena, bertanam jagung ini tidak mengeluarkan anggaran kos yang banyak," ucapnya.

Bupati Dosmar juga menceritakan, bahwa terobosan yang dilakukannya ini sejak tahun 2017 lalu, sudah dikaji melalui pangsa pasar, dan anggaran kos pengeluaran. " Saya sudah kaji pangsa pasar jagung ini. Apa yang saya sarankan atau imbau itu sudah saya kaji seluruhnya. Tentunya, untuk mensejahterakan masyarakat dan para petani," ungkapnya. 

Berkat terobosan Bupati Dosmar Banjarnahor pada tahun 2017 lalu, sebanyak 80 persen warga Desa Hutasoit I dan Hutasoit II Kecamatan Lintong Nihuta sudah beralih menanam jagung, dan sudah menikmati hasilnya.

Ini diungkapkan oleh, salah satu petani jagung, Pantas Gultom warga Desa Hutasoit II , dan Jasdin Hutasoit warga Desa Hutasoit I kepada Bupati Humbahas Dosmar.

Pantas mengatakan, semenjak ia mengubah lahan pertaniannya yang dulunya tomat, kentang, padi, dan cabe menjadi tanaman jagung. Kini, telah dirasakannya.

Ia menyebut, mulai anggaran kos pengeluaran tanaman jagung, keuntungan signifikan, dan durasi waktu 3 sampai 4 bulan. Dari pada pertanaman lainnya.

Terbukti, kata dia, dilahan seluas 8 rantai saja yang dibukanya sudah empat kali memanen jagung. Setiap per rantai, ungkapnya, bisa diproduksi jagung sebanyak 500 kilo.

" Jadi, saya secara pribadi banyak terima kasih atas terobosan yang dilakukan Pak Bupati yang mencanangkan program agropolitan berbasis jagung. Karena memang jagung juga salah satu sektor pertanian jadi penggerak ekonomi di Humbahas. Terbukti, saya sendiri berpindah bercocok tanaman, dan hasilnya saya menikmati," ungkapnya.

Senada itu juga disampaikan, warga Desa Hutasoit I, Jasdin Hutasoit. Ia menerangkan, sejak ia menanam jagung sudah tiga kali memanen, dengan mampu memproduksi 500 kilo per rantai dilahan seluas 5 rantai. Yang sebelumnya, ia menanam padi, disamping itu juga tanaman kentang, kol, dan cabe. 

"Terimakasih Pak Bupati atas terobosan-terobosan itu untuk kepada masyarakatnya," ucapnya.(Carlos) 

Share:
Komentar

Berita Terkini