Sederet Prestasi Pemerintah Kota Gunungsitoli Sejak Tahun 2016

Editor: dailysatu author photo


dailysatu.com -
Pemerintah Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara, berhasil mencatat sederet prestasi dan menerima penghargaan sejak Tahun 2016 hingga Tahun 2021.

Bukan datang dengan sendirinya, keberhasilan itu berkat tangan dingin Walikota Gunungsitoli Ir. Lakhomizaro Zebua dan Wakil Walikota Gunungsitoli Sowa'a Laoli SE, M.Si.

Adapun sederet prestasi dan penghargaan tersebut, adalah:

1. Opini WTP atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah tiga Tahun berturut-turut. Yakni sejak Tahun 2018, 2019, dan 2020 dari BPK RI.

2. Meraih 82,37% atas hasil survey penilaian integritas dari KPK. Yang menempatkan Kota Gunungsitoli menjadi daerah terbaik pertama di Provinsi Sumatera Utara sekaligus masuk 10 besar daerah terbaik se-Indonesia dalam memetakan resiko korupsi dan kemajuan upaya pencegahan korupsi yang dilakukan Kementerian, Lembaga, Pemerintah Daerah.

3. Mendapatkan nilai MCP dari KPK sebesar 80,93%. Yang menggambarkan Pemerintah Kota Gunungsitoli telah mengimplementasikan upaya pencegahan korupsi pada 8 areal intervensi yang dimonitoring oleh KPK.

4. Juara 1 lomba inovasi daerah tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2021 melalui inovasi exis (excavator gratis).

5. Mendapatkan predikat inovatif dari Kementerian Dalam Negeri terkait pelaporan pelaksanaan inovasi daerah Tahun 2021.

6. Satu-satunya daerah di Kepulauan Nias yang mendapatkan indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dengan predikat cukup dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur dan Reformasi Birokrasi Tahun 2021.

7. Penghargaaan sebagai Kabupaten/Kota yang memiliki 100% Puskesmas terakreditasi dari Kementerian Kesehatan.

8. Menjadi daerah yang di nilai sangat peduli terhadap Hak Azasi Manusia 5 Tahun berturut-turut dari Kementerian Hukum dan HAM.

9. Juara I Tingkat Nasional Gerakan Bertanam Cabe Tahun 2017 dari Kementerian Pertanian.

10. Juara I Tingkat Nasional Festival Lomba Pangan Lokal B2SA Tahun 2019 dari Kementerian Pertanian.

11. Penghargaan Anugerah Parahita Ekaparya Tahun 2021 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak .

12. Juara 2 Nasional Master Chef Aspeksindo Tahun 2021.

13. Juara 1 Lomba Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR) PKK Tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2022.

14. Juara 1 Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK Tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2022.

Ketua DPRD Kota Gunungsitoli, Yanto, meyakini prestasi dan penghargaan serupa akan diterima kembali oleh Pemerintah Kota Gunungsitoli di Tahun berikutnya.

"Pencapaian yang diterima Pemerintah Kota Gunungsitoli tidak lepas dari kontribusi seluruh stakeholder baik eksekutif, legislatif, investor, terlebih masyarakat", kata Yanto.

Menurutnya sinergitas antara eksekutif, legislatif, dan masyarakat terbukti menjadi kekuatan dalam menghadapi kendala pembangunan. Bahkan kondisi tersulit sekalipun, contohnya seperti pandemi Covid-19.

Dimana Kota Gunungsitoli mampu bangkit secara bertahap dengan kembali melanjutkan pembangunan sesuai arah kebijakan yang ditetapkan sebelumnya.

"Kebersamaan, persatuan, dan semangat gotong royong menjadi dasar untuk menghadapi berbagai tantangan ke depan demi mewujudkan Kota Gunungsitoli Berdaya saing, Nyaman, dan Sejahtera", tandas Yanto. (ds/Ris)

Share:
Komentar

Berita Terkini