Perayaan Hari Jadi Gunungsitoli Ke 344 Meriah

Editor: dailysatu author photo

dailysatu.com - Pemerintah Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara, merayakan Hari Jadi Kota Gunungsitoli yang Ke 344. Perayaan berlangsung meriah di Taman Ya'ahowu Jalan Pintu Angin, Kelurahan Pasar, Kecamatan Gunungsitoli, Rabu (6/4/2022).

Perayaan terbilang sangat istimewa itupun diwarnai dengan penampilan berbagai macam tarian khas daerah. Mulai dari tarian khas Nias, Batak, Aceh, Minang, Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi.

Dalam sambutannya, Walikota Gunungsitoli Ir. Lakhomizaro Zebua menyebut bahwa perayaan Hari Jadi Kota Gunungsitoli Ke 344 bersejarah karena pertama dilaksanakan sejak dimekarkan menjadi Daerah Otonom Baru (DOB).

“Mewakili Pemerintah Kota Gunungsitoli, saya mengucapkan terimakasih kepada Pimpinan dan Anggota DPRD Kota Gunungsitoli atas kerjasama sekaligus dukungan dalam penetapan Hari Jadi Kota Gunungsitoli", kata Walikota.

Menurut Walikota, penetapan Hari Jadi Kota Gunungsitoli membutuhkan proses cukup panjang. Yang di mulai dari penelitian mendalam terhadap fakta sejarah, mengumpulkan saran dan masukan tokoh masyarakat, menyusun peraturan daerah, hingga penetapan Hari Jadi Kota Gunungsitoli 6 April 1678.

"Pembentukan Kota Gunungsitoli diyakini terjadi pada masa penetapan Fondrako Bonio Ni’owuluwulu 06 April 1678. Momentum itulah dijadikan dasar penetapan Hari Jadi Kota Gunungsitoli melalui Peraturan Daerah Kota Gunungsitoli Nomor 2 tahun 2021", ujar Walikota.

Maka demikian, Walikota berharap perayaan Hari Jadi Kota Gunungsitoli tidak sebatas seremonial belaka. Tetapi dijadikan jati diri, eksistensi, dan nilai luhur dalam menelusuri sejarah daerah terlebih melakukan perubahan. Bukan perubahan untuk kepentingan pribadi, keluarga, masyarakat namun dalam ruang lingkup yang lebih luas.

"Penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat sudah berjalan baik. Begitupun dengan hasil pembangunan, telah membawa perbaikan dalam dimensi kehidupan masyarakat", tandas Walikota. (ds/Ris)

Share:
Komentar

Berita Terkini