Pemko Medan Gelar Mudik Gratis

Editor: romi syah author photo


dailysatu.com - Dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah, Pemerintah Kota (Pemko) Medan menggelar kegiatan 'Mudik Gratis' kepada para buruh, pekerja, mahasiswa dan pelajar yang berkegiatan di Kota Medan dan ingin mudik ke kampung halamannya.


Kepada wartawan, Rabu (21/04/22), Kepala Dinas Perhubungan Kota Medan, Iswar Lubis S.SiT MT mengatakan, program Mudik Gratis ini merupakan program Wali Kota Medan Bobby Nasution sebagai bentuk kepeduliannya kepada warga Kota Medan.


Dijelaskan Iswar, secara teknis program Mudik Gratis ini akan dilakukan untuk 4 rute. Rute pertama dengan jurusan Medan - Rantau Prapat - Kota Pinang - Gunung Tua - Palas - Sibuhuan. Lalu rute kedua dengan rute Medan - Sipirok - Sidempuan - Panyabungan - Mandailing Natal.


Kemudian rute ketiga dengan tujuan Medan - Tarutung - Sibolga -Panyabungan dan rute ke empat dengan tujuan Medan - Sidikalang - Pakpak Bharat.


"Untuk pendaftarannya sudah kita buka mulai hari ini (kemarin) tanggal 20 April sampai 25 April 2022 dari Pukul 10.00 sampai Pukul 16.00 WIB di posko Dishub Kota Medan di Jalan Pulau Pinang Lapangan Merdeka Medan. Selain mendaftar secara langsung, masyarakat juga bisa mendaftar secara online melalui mudik-bareng.pemkomedan.go.id," ucap Iswar.


Sedangkan untuk tanggal keberangkatan, kata Iswar, akan digelar selama 3 hari, yakni mulai Juma 29 April 2022 hingga Minggu 1 Mei 2022.


"Syaratnya cukup dengan membawa KTP. Nantinya, kita akan upayakan agar dapat disediakan makanan berbuka puasa untuk mereka yang mudik dari kegiatan mudik gratis Pemko Medan ini," ujarnya.


Untuk pemudik, jelas Iswar, bukan harus warga Kota Medan, akan tetapi orang yang berkegiatan di Kota Medan.


Lantas, berapa total armada yang disiapkan Dishub Kota Medan untuk menampung para pemudik di 4 rute yang disiapkan tersebut? Iswar menjelaskan jika Pemko Medan belum ada memberikan batasan jumlah armada atau kuota jumlah pemudik.


Nantinya, Pemko Medan akan berusaha untuk menyiapkan jumlah armada sesuai dengan jumlah pemudik yang akan berangkat ke kampung halamannya masing-masing.


"Jadi supply akan kita sesuaikan dengan demand. Dari total yang mendaftar itu akan kita kelompokkan sesuai dengan rute tujuan dan jumlah pemudiknya, baru kita sesuaikan dengan jumlah dan jenis armadanya, apakah dengan bus kecil, sedang atau bus berukuran besar. Untuk kuota juga tidak ada, Pak Wali Kota, Pak Bobby sudah menegaskan akan melayani masyarakat Kota Medan sebanyak-banyaknya," ungkapnya.


Nantinya, sambung Iswar, pemberangkatan akan dilakukan dari Lapangan Merdeka Kota Medan. Dan khusus untuk keberangkatan di hari pertama pada Hari Jumat (20/4) Pukul 08.30 nanti, akan langsung dilakukan oleh Wali Kota Medan Bobby Nasution.


Pantauan wartawan, di hari pertama pendaftaran kemarin, masyarakat sudah berbondong-bondong mendaftarkan diri ke Posko Dishub Medan di Lapangan Merdeka Kota Medan. Terdata hingga kemarin siang, sudah 66 masyarakat yang mendaftarkan diri.


Kepada wartawan, salah satu masyarakat yang mendaftar program 'Mudik Gratis' di Posko Dishub Medan, Putri mengatakan, dirinya mengatahui adanya program Mudik Gratis Pemko Medan dari jejaring media sosial Whatsapp. Ia mengaku, akan mudik ke kampung halamannya di Panyabungan.


Putri yang sehari-hari bekerja di Kota Medan ini mengatakan, dirinya sangat terbantu dengan adanya program Mudik Gratis tersebut. Sebab selain memastikan diri mendapatkan armada untuk mudik, kegiatan mudik gratis ini juga dapat menghemat biaya pengeluaran mudik para pemudik, khususnya dari sisi biaya transportasi.


"Alhamdulillah ada program mudik gratis seperti ini, jadi terbantu sekali kita untuk mudik," pungkasnya.(ds/lilik)

Share:
Komentar

Berita Terkini