Musrenbang RKPD 2023, Ada 5 Program Prioritas Pemkab Rohul

Editor: romi syah author photo
Bupati Rohul, H.Sukiman saat penandatanganan Musrenbang RKPD Kabupaten Rohul 2023 mendatang./istimewa

dailysatu.com- Ada 5 program prioritas pembangunan yang difokuskan oleh Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu untuk mengembangkan Negeri Seribu Suluk ditahun 2023 mendatang.

Hal ini disampaikan Bupati Rokan Hulu, H Sukiman dalam agenda Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) Kabupaten Rokan Hulu tahun 2023, lalu di Convention Hall Masjid Islamic Center Kabupaten Rokan Hulu seperti dilansir dari laman harianhaluan.co, Selasa 11 April 2022.

Bertajuk  “meningkatkan perekonomian berbasis potensi daerah, infrastruktur yang berimbang serta pendidikan dan kesehatan yang berkualitas melalui pelayanan publik yang prima”, Bupati Rokan Hulu, H Sukiman optimis dengan rencana pembangunan di Kabupaten Negeri Seribu Suluk tahun 2021-2026.

"Dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2021-2026, ada beberapa prioritas pembangunan yang difokuskan untuk di tahun 2023," ungkapnya.

Adapun prioritas pembangunan di Kabupaten Rokan Hulu, yang pertama, yakni peningkatan kualitas sumberdaya manusia melalui pemenuhan dan peningkatan akses dan mutu pendidikan dan kesehatan, kedua, pengembangan sektor-sektor strategis ekonomi lokal menopang perekenomian daerah untuk dapat bersaing dan menurunkan angka kemiskinan.

"Selanjutnya pemenuhan infrastruktur dasar pedesaan dan peningkatan kualitas infrastruktur perkotaan sesuai tata ruang dan lingkungan hidup,"jelasnya.

Keempat, peningkatan kualitas kehidupan masyarakat yang harmonis, aman dan tenteram berlandaskan adat dan budaya serta agama yang berbeda serta meningkatkan kualitas pelayanan publik dan tata kelola pemerintahan yang baik serta menjamin kehidupan politik dan penegakan hukum.

Lanjut Bupati, pelaksanaan pembangunan pada tahun 2023 tentunya tetap mengacu kepada Visi dan Misi Bupati Rokan Hulu dengan tetap berpedoman pada RPJPD tahun 2005-2025.

"Saya berharap kepada seluruh perangkat daerah, dalam proses penyusunan rencana kerja perangkat daerah supaya mengacu kepada 5 (lima) prioritas diatas, agar proses pembangunan daerah terarah dan hasil pembangunan tersebut dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat kita," tambahnya.

Selain daripada itu sambung Sukiman juga menekankan kepada seluruh perangkat daerah untuk dapat pro aktif dalam mengajukan usulan kepada Kementerian dan Pemerintah Provinsi sesuai dengan prioritas pembangunan daerah yang bersinergi dengan prioritas pembangunan Provinsi maupun nasional.

"Kepada masyarakat agar dapat menyampaikan usulan prioritas desa dan kecamatan agar pembangunan benar-benar merupakan kegiatan prioritas yang diharapkan masyarakat," sambungnya.

Berkaca dengan hasil capaian kinerja pembangunan di Negeri Seribu Suluk beberapa tahun terakhir, Bupati Sukiman mengaku hasilnya menunjukkan sangat memuaskan, dimana pertumbuhan ekonomi Kabupaten Rokan Hulu mengalami peningkatan dari 1,51 persen pada tahun 2020 menjadi 4,98 persen pada tahun 2021.

"PDRB per kapita atas dasar harga berlaku mengalami peningkatan dari Rp 36,08 juta pada tahun 2020 menjadi Rp 42,18 juta pada tahun 2021," jelas Bupati.

Sementara untuk persentase kemiskinan menunjukkan angka 10,31 persen pada tahun 2020, mengalami peningkatan menjadi 10,40 persen di tahun 2021.

Untuk tingkat pengangguran terbuka menurun dari 4,42 persen pada tahun 2020, menjadi 2,25 persen pada tahun 2021 dari total angkatan kerja dan indeks pembangunan manusia (IPM) meningkat dari 69,38 pada tahun 2020 menjadi 69,67 pada tahun 2021.

"Semua itu tentunya merupakan upaya dan kerja keras kita serta kerjasama seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Rokan Hulu,"jelas Bupati.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Rohul, Yusman M.Si menjelaskan bahwa Musrenbang Kabupaten Rokan Hulu bertujuan untuk merumuskan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Rokan Hulu tahun 2023.

Musrenbang hari ini diikuti 160 orang dari berbagai unsur Kepentingan," Jelas Yusman.

Dalam laporan Musrenbang, mantan Kadis Kominfo Rohul itu juga berharap Hasil Musrenbang dapat memperkuat fokus pembangunan Kabupaten Rokan Hulu di tahun 2023 mendatang.

Sebagai informasi, turut hadir dalam acara Musrenbang, Kepala Bappeda Provinsi Riau diwakili oleh Kepala Bidang Pemerintahan dan Pembangunan, Hariyanto S.Hut MT, Pj Sekda Rohul, M Zaki, DPRD Provinsi Riau, Lampita Pakpahan serta Kepala Dinas dan Badan di Lingkungan Pemkab Rohul.(ds/ali/advetorial)

Share:
Komentar

Berita Terkini