Bupati Rohul Serahkan 2.593 Sertifikat Tanah ke 14 Desa

Editor: romi syah author photo
Bupati Rohul, H.Sukiman secara simbolis menyerahkan Sertifikat Tanah kepada masyarakat 14 Desa di Rohul beberapa waktu lalu. /Foto : mediacentre rohul


dailysatu.com- PEMERINTAH daerah bekerja sama dengan Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) telah menujukkan komitmennya dalam mendukung percepatan penyelesaian tanah obyek reforma agraria (Tora) di wilayah Rokan Hulu.


Mengingat program Tora yang merupakan program strategis nasional ini, memberikan manfaat yang sangat besar kepada kesejahteraan masyarakat, dengan adanya hak kepemilikan tanah maupun lahan.Karena dengan adanya sertifikat hak milik (SHM), mendapatkan akses usaha permodalan dan memiliki kepastian hukum terkait tanah mereka.


"Saya imbau bagi warga di Kabupaten Rohul yang lahannya belum bersertifikat, agar segera memanfaatkan program Tora dan PTSL yang dilaksanakan BPN Rohul, "katanya.


Dengan mengajukan dan mengurus persyaratannya, bisa berkonsultasi ke pihak desa setempat agar bisa diajukan tahun ini dan bisa terealisasi dengan cepat,"ungkap Bupati Rohul H Sukiman kepada wartawan, Senin (28/3) seperti dikutip dari riaupos.co, usai menyerahkan 2.593 SHM untuk masyarakat 14 desa dan lintas sektoral yang mengikuti program Tora tahun 2021 yang dilaksanakan BPN di pendopo rumah dinas Bupati Rohul.


Penyerahan 2.593 SHM terdiri dari program Tora sebanyak 2.303 sertifikat dan lintas sektor (lintor) sebanyak 290 SHM itu disaksikan Kepala BPN Rohul Rosidi A Ptnh SH MH, Kadiskop UKM dan Nakertrans Rohul Zulhendri SSos, Plt Kadis DPMPD Rohul Prasetyo SIP, kepala desa dan perwakilan masyarakat di 14 desa.


Bupati Rohul, H.Sukiman saat memberikan arahan 



Orang nomor satu Rohul itu mengaku bangga, melihat antusias masyarakat untuk mengikuti Program Tora dan Lintor BPN Rohul. Pasalnya, sebanyak 14 desa sudah mencapai 2.303 SHM mengurus sertifikat tanahnya. Karena dengan adanya sertifikat milik masyarakat ini memiliki keunggulan salah satunya memiliki kekuatan hukum tetap dan memiliki legalitas atas kepemilikan hak tanah.


Sukiman mengatakan, Pemkab Rohul menargetkan, seluruh tanah atau lahan masyarakat di Kabupaten Rohul tahun 2025 telah bersetifikat. Untuk itu, seluruh elemen masyarakat dan swasta untuk dapat mendukung program strategis nasional yang dilaksanakan BPN Rohul, karena memberikan manfaat yang sangat besar kepada kesejahteraan masyarakat, dengan memiliki sertifikat tanah.


Di tempat terpisah, Kepala BPN Rokan Hulu Rosidi A Ptnh SH MH menyebutkan, penyerahan SHM dari program Tora atau yang lebih dikenal dengan redistribusi tanah dari BPN Rohul, telah menyelesaikan 3.500 sertifikat hak milik atas tanah di 14 desa.


"Sebelum tuntasnya program ini nanti kita akan memulai mengerjakan untuk target 2022, Dimana kantor BPN Rohul mendapat target 1.500 sertifikat Tora untuk diselesaikan pada tahun ini,"tandasnya. (ds/ali/advetorial)

Share:
Komentar

Berita Terkini