Bupati Eddy Berutu Pantau Pelaksanaan Ujian Sekolah Di SMPN2 Dan SMPN3 Sidikalang

Editor: dailysatu author photo

dailysatu.com - Bupati Eddy Berutu melakukan kunjungan ke SMPN 2 dan SMPN 3 Sidikalang, Kamis, (21/04/2022) guna meninjau dan memastikan pelaksanaan ujian sekolah untuk kelas IX yang akan berlangsung hingga Sabtu mendatang berjalan baik dan lancar.

Sesekali, Bupati Eddy Berutu memberi semangat kepada anak didik peserta ujian.Usai berkeliling kelas, bupati berkesempatan untuk memberi motivasi bagi para anak didik peserta ujian yang sudah berkumpul ditengah lapangan.

Dalam paparannya Bupati berbicara mengenai dunia Pendidikan yang tentu perlu penyesuaian sesuai dengan zaman dan keadaan karena pendidikan yang sifatnya dinamis, perlu ditata dan menyesuaikan dengan keadaan dan sistem pendidikan abad sekarang.

“Mengingat pembelajaran abad 21 merupakan pembelajaran yang mengintegrasikan kemampuan literasi, kecakapan pengetahuan, keterampilan dan sikap, serta penguasaan terhadap teknologi, maka bagaimana cara kita agar dapat mengintegrasikan semua hal itu untuk melakukan sebuah perubahan atau inovasi harus dimulai dari diri sendiri,” kata Bupati.

Dikatakan dalam pembelajaran abad 21 perlu memahami konsep ketrampilan 4C. dimana skill 4C ini mencakup sejumlah keterampilan personal dan sosial, seperti critical thinking, creativity, collaboration, dan communication.

“Berpikir kritis dalam memecahkan suatu masalah amatlah penting disamping itu creativity atau keterampilan berpikir kreatif atau berpikir tanpa dibatasi aturan yang cenderung mengikat, akan sangat berpengaruh pada perkembangan otak manusia,”ujarnya.

Ia menambahkan, seseorang harus dapat melihat suatu masalah dari berbagai perspektif atau sudut pandang sehingga pikirannya lebih terbuka dalam menyelesaikan masalah.

Disamping itu kata Eddy, collaboration atau keterampilan bekerja sama dalam mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan secara bersama juga punya peranan penting. Eddy bertutur, dalam communication, atau keterampilan dalam berkomunikasi diperlukan kemampuan memahami konteks, agar pesan kita tersampaikan.

“Konsep Keterampilan 4C Pembelajaran Abad 21 harus dimiliki oleh seluruh peserta didik generasi milenial. Oleh guru selaku fasilitator dapat menerapkan konsep ini dimulai dari pendidikan non formal hingga perguruan tinggi,” pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini, kepala dinas pendidikan Kabupaten Dairi Fatimah Boang Manalu, S.Pd, SD, M.Si, kepala sekolah SMPN 2, Ryanto Purba, Kepala sekolah SMPN 3, Asima Ermawaty Simartmata.(Hartono)

Share:
Komentar

Berita Terkini