Ajak Duduk Bersama, Kapolres Rohul 'Akhiri Kisruh' di Kopertim

Editor: romi syah author photo
Kapolres Rokanhulu, AKBP Eko Wimpiyanto Hardjito, SIK (pakai masker) memediasi dua pengurus di Kopertim yakni Damanhuri Lubis dan Porkot Lubis untuk akhiri kisruh di tubuh kopertim pada Minggu 10 April 2022 malam. Ist/dailysatu.com


dailysatu.com- Akhiri 'kisruh' ditubuh Koperasi Sawit Perkasa Timur (Kopertim), Kecamatan Tambusai, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), dua kepengurusan yakni kepengurusan yang diketuai Daman Huri Lubis dan kepengurusan dibawah Porkot Lubis menyatakan siap 'berdamai'.


Adalah Kapolres Rohul, AKBP Eko Wimpiyanto Hardjito, SIK, yang memediasi kedua kepengurusan di Kopertim tersebut.


Pada Minggu, 10 April 2022, Kapolres Eko Wimpiyanto Hardjito, SIK, didampingi Kasat Intel Polres Rohul,  AKP Syaiful, KBO intel Totok Nurdianto bersama Anggota DPRD Rohul, Budiman Lubis dan Karneng Dimara Lubis dan Kepala Dinas Koperasi, UKM/ Transmigrasi dan Tenaga Kerja Rohul, Zulhendri duduk bersama dengan 3 Kepala Desa pemilik Kopertim yakni Kades Tingkok, Herman Lubis, Kades Lubuk Soting Maraposo, SE.Hadir pula dalam kesempatan itu, masing-masing pengurus Kopertim yakni Daman Huri Lubis serta Porkot Lubis.




Kapolres Rohul, AKBP Eko Wimpiyanto Hardjito, SIK usai diskusi dengan para pengurus Kopertim menyebutkan bahwa telah disepakati secara bersama oleh kedua belah pihak yakni pembentukan kepengurusan baru Kopertim yang disepakati bersama pada Juli 2022 mendatang.


Dimana, kata Eko, pada 20 Juni 2022 harus sudah disusun kepanitiaan pelaksanaan Rapat Anggota Luar Biasa ( RALB) dan harus di laksanakan pada tanggal 30 Juni 2022 mendatang.


"Jadi, jelang RALB itu, baik itu pengurus Damanhuri Lubis maupun Porkot Lubis diminta melakukan validasi para anggotanya.Dan untuk kepanitiaan akan ditunjuk/ditetapkan oleh 3 kepala desa pemilik Kopertim, "sebutnya.


Ditambahkan, Eko, terkait soal pengelolaan kebun milik Kopertim, dalam mediasi terwwbut kedua belah pihak sepakat dan berkomitmen untuk tetap mengelola kebun milik Kopertim oleh kedua pengurus yang ada saat ini yakni kepengurusan Damanhuri Lubis serta kepengurusan Porkot Lubis.


"Jadi, dalam mediasi udah sepakat pengelolaan kebun milik koperasi dikelola oleh kedua pengurus tersebut.Dan keduanya udah sepakat akan mendaftarkan nomor rekening masing-masing pengurus.Ini, sampai Juli 2022 atau sampai ada pengurus yang baru di Kopertim, "jelasnya.


Disinggung soal adanya surat sebelumnya yang dikeluarkan oleh 3 Kades disana, Eko menyebutkan bahwa surat penunjukan pengelolaan terhadap Porkot Lubis pada hari Selasa tanggal 22 Maret 2022 oleh tiga kades di batalkan.


"Semua pihak sepakat dan komitmen dan akan sama-sama menjaga keamanan.Kesepakatan ini sama sama dibuat untuk dapat dipedomani dan dijalankan sesuai aturan, "tandasnya.


Dalam forum mediasi itu diakhiri dengan acara penandatangan secara bersama kesepakatan untuk akhiri kisruh di Kopertim dalam rangka mewujudkan kondusifitas dan keamanan bagi masyarakat di Desa Tingkok, Desa Tambusai Timur dan Desa Lubuk Soting khususnya dan masyarakat di Kecamatan Tambusai, Kabupaten Rohul umumnya. (ds/ali/tim)





Share:
Komentar

Berita Terkini