Musrenbang RKPD Humbahas 2023, Ada Beberapa Sektor Yang Jadi Prioritas

Editor: dailysatu author photo

Teks Foto: Musrenbang RKPD Humbahas 2023 di Pendopo Perkantoran Bukit Inspirasi, yang dilaksanakan secara hybrid, Jumat (23/3/2022).
dailysatu.com - Bupati Humbang Hasundutan, Dosmar Banjarnahor harapkan peran serta dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan untuk kemajuan di daerah itu. 

Hal itu dikatakan Dosmar saat Musyawarah Perencanaan Pembangunan (musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2023 yang dilaksanakan secara hybrid (sistem tatap muka dan jarak jauh) di Pendopo Perkantoran Bukit Inspirasi dan teleconference, Jumat (23/3/2022). 

"Melalui musrenbang ini dapat melahirkan inovasi baru berupa ide dan gagasan yang brilian terkait  bagaimana pengembangan manusia yang unggul serta mewujudkan infrastruktur yang berkeadilan. Untuk itu dibutuhkan peran serta dan partisipasi masyarakat sekaligus perhatian khusus para peserta musrenbang," ucapnya. 

Musrenbang tahun 2023 yang bertema "Optimalisasi daya saing pertanian dalam percepatan pemulihan ekonomi berbasis inovasi, SDM unggul serta infrastruktur yang berkeadilan", diikuti oleh Gubernur Sumatera Utara diwakili oleh Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura, Bupati Humbang Hasundutan, Dosmar Banjarnahor, Ketua dan Anggota DPRD Humbang Hasundutan, para instansi Pemerintah, Kepala OPD Provinsi Sumut, Tokoh Agama dan Masyarakat, LSM dan Insan Pers.

Sebelumnya, Dosmar Banjarnahor melalui video conference juga menyampaikan, bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) telah melewati tahapan-tahapan mulai dari tingkat Desa, Kecamatan, rancangan awal dan sampai pada saat ini tentu sudah memahami titik berat untuk pembangunan Tahun 2023.

Dosmar juga menjelaskan, bahwa ada beberapa sektor yang menjadi prioritas dan perlu diperkuat di daerah yang dia pimpin itu, yakni pertanian, infrastruktur, SDM dibidang kesehatan dan pendidikan, peningkatan ekonomi.

"Ada beberapa yang perlu kita perkuat, pertama bahwa Humbang Hasundutan adalah daerah  pertanian. Kedua akses infrastruktur harus dibenahi, masih membutuhkan waktu yang lebih panjang supaya kita bisa mengikuti kabupaten lain yang duluan maju. Ketiga Peningkatan SDM,  kita masih membutuhkan waktu juga untuk pembenahan SDM baik itu bidang kesehatan ataupun dibidang pendidikan. Keempat peningkatan ekonomi,  sebagaimana kita ketahui bersama bahwa dampak covid-19 sangat  terasa dan mempengaruhi segala hal termasuk ekonomi, oleh karena itu diharapkan pemerintah dan DPRD serta semua stake holder harus duduk bersama untuk fokus peningkatan ekonomi pada  tahun 2023," jelasnya. 

Selain itu, lanjut Dosmar, Pemkab Humbahas agar fokus pada bidang kesehatan terkhusus permasalahan stunting.

Lebih lanjut, pada bidang pendidikan, agar fokus pada pelatihan guru, sehingga bisa mengajar anak didik lebih inovatif seperti melalui metode gasing. Dimana Pemkab Humbahas memberikan beasiswa bagi dan terutama program Pemkab tahun 2023 bahwa semua anak yatim piatu yang berniat untuk sekolah akan ditangani dan diurus. 

Pada kesempatan itu, Bupati Dosmar juga mengungkapkan, bahwa Humbahas tahun ini mendapkan seribu (1000) unit bedah rumah. 

"Dengan program bedah rumah, diharapkan masyarakat terbantu dalam meningkatkan sanitasi yang bersih bagi keluarga. Masih ada dua ribuan rumah lagi yang harus dibedah di Kabupaten Humbang Hasundutan. Tahun ini alokasi bedah rumah untuk provinsi Sumatera Utara dengan jumlah 3175 rumah, untuk Humbang Hasundutan 1000 rumah," bebernya.

Masih kata Dosmar, Masalah air minum menjadi masalah yang perlu diperhatikan, pada hal banyak sumber air minum tetapi belum dikelola dengan baik. 

Masalah pupuk juga perlu mendapat perhatian, dimana Presiden RI memberi arahan bahwa Humbahas bisa membuat pupuk organik lokal, karena sumbernya banyak di daerah itu. Hal itu tidak berdaya dikarenakan tidak memiliki badan usaha.

"Kita yakin Kabupaten Humbang Hasundutan bisa maju kalau kita bekerja kompak," tungkasnya. 

Pada kesempatan itu juga, Ketua DPRD Kabupaten Humbahas, Ramses Lumbangaol menyampaikan, bahwa DPRD menyabut baik dan mendukung pelaksanaan musrenbang RKPD Tahun 2023.(carlos) 

Share:
Komentar

Berita Terkini