Kunjungi Luat Pahae Bupati Taput Bantu Pembangunan Masjid di Dusun Terpencil di Simangumban

Editor: dailysatu author photo



"Pembangunan rumah ibadah merupakan tanggungjawab bersama. Membangun rumah ibadah serta sarana ibadah harus dilakukan dengan semangat bersama dan gotongroyong, juga butuh dana yang cukup banyak," ujar Nikson Nababan. 



dailysatu.com -
Bupati Tapanuli Utara Drs Nikson Nababan MSi bersama Pimpinan Perangkat Daerah, Camat Simangumban dan Para Kepala Desa melaksanakan gotongroyong dan membantu pembangunan Masjid Jamik di Dusun Parlabian, Desa Dolok Saut, Kecamatan Simangumban. 

Pada kunjungan kerja selama tiga hari di Luat Pahae ini, Bupati Nikson Nababan, juga melakukan peletakan batu pertama pembangunan Masjid Nurul Huda di Dusun Hapundung, Desa Dolok Sanggul, Kecamatan Simangumban, Kamis (10/03/2022). 

Beratnya medan jalan menuju Dusun terpencil tersebut, tidak menyurutkan niat Bupati Taput bersama sejumlah Perangkat Daerah untuk mengunjungi warga dan bahkan menginap di rumah warga untuk memerdekakan desa-desa yang tertinggal, sekaligus memantau apa yang diperlukan masyarakatnya. Seperti menambah pelebaran jalan, pembangunan jembatan dan memeriksa kondisi bangunan pelayanan kesehatan. 

Ditengah kesibukan kunjungan kerja, Bupati Nikson Nababan menyempatkan diri untuk berkunjung ke Desa Parlabian. Dimana jarak dan medan tempuh dari Kota Tarutung ke Kecamatan Simangumban termasuk jauh, jalan cukup ekstrim dan berisiko tinggi. 

Selain bergotongroyong dan melakukan peletakan batu pertama pembangunan Masjid, Bupati Nikson Nababan meninjau pembangunan perkerasan jalan sepanjang 22 km mulai dari Lobu Sihim hingga Muara Tolang. Kemudian, meresmikan satu jembatan yang diberi nama jembatan Ir Soekarno di Lobu Sihim, Kecamatan Simangumban. 

"Pembangunan rumah ibadah merupakan tanggungjawab bersama. Membangun rumah ibadah serta sarana ibadah harus dilakukan dengan semangat bersama dan gotongroyong, juga butuh dana yang cukup banyak," ujar Nikson Nababan. 

Bupati berharap kepada panitia, donatur, alim ulama dan masyarakat, untuk bersatu dan bekerjasama dalam membangun Masjid yang akan menjadi tempat ibadah kebanggaan masyarakat ini. Karena ini bukan hanya tanggungjawab Pemerintah, untuk itu Bupati berharap untuk bersama-sama, tetap mempertahankan sikap gotongroyong, memakmurkan dan merawatnya dengan baik. 

"Semoga pelaksanaan pembangunan Masjid ini dapat berjalan dengan baik. Dengan dibangunnya Masjid ini dapat menambah keimanan dan ketaqwaan kita," imbuh Bupati. 

Dilanjutkan Bupati, sebagai bagian dari NKRI yang beragam suku dan agama, ia berharap masyarakat harus bersatu padu bergandengan tangan membangun bangsa ini. Seperti pepatah orang Batak 'Dalihan Na Tolu', sebagai Kepala Daerah harus berlaku adil kepada seluruh lapisan masyarakat. 

Seperti pembangunan di Simangumban, ditegaskannya, perkerasan jalan sepanjang 22 km dikerjakan agar tidak melewati jalan dari kabupaten lain dan bisa tuntas secepatnya agar bisa dimanfaatkan warga. 

Adapun dua pembangunan Masjid tersebut yaitu, Masjid Jamik Dusun Parlabian Desa Dolok Saut dan Masjid Nurul Huda Dusun Hapundung Desa Dolok Sanggul Kecamatan Simangumban. Pemerintah Taput memberikan bantuan dana masing-masing sebesar Rp 50 juta. Bantuan dari Ketua TP PKK Taput Satika Simamora SE MM sebesar Rp 5 juta, dan sejumlah bantuan para Anggota DPRD Taput bersama Pimpinan Perangkat Daerah. 

Tokoh Masyarakat, Sehat Sihombing mengucapkan terima kasih atas kedatangan Bupati Taput serta rombongan dalam kegiatan gotongroyong ini. 

"Kami sangat menghormati dan berterima kasih atas kehadiran Bapak Bupati dan rombongan ke tempat kami ini. Kami sungguh terharu atas kedatangan Bapak. Kami sangat berharap perhatian Bapak untuk pembangunan desa kami, terlebih tempat ibadah kami ini. Kami doakan yang terbaik kepada Bapak Bupati agar tetap sehat dan semakin baik kedepannya dalam memimpin Taput. Kami siap mendukung setiap program yang Bapak canangkan," ungkapnya. 

Sedangkan Tokoh Masyarakat Marga Pasaribu dari Masjid Nurul Huda Dusun Hapundung, Desa Dolok Sanggul Bupati, menyampaikan, dengan peletakan batu pertama ini semoga memberikan berkah bagi semua. 

"Kami sangat senang dan terharu atas kehadiran Bapak Bupati ke Dusun kami ini. Kami mengucapkan terimakasih atas bantuan dan dukungan untuk pembangunan masjid ini. Serta apresiasi kepada masyarakat Desa Dolok Sanggul dan seluruh jajaran panitia yang berusaha dan berkorban baik itu waktu, pikiran, dan materi," tuturnya. 

Usai memberikan bantuan dan peletakan batu pertama pembangunan Masjid, Bupati Nikson Nababan selanjutnya melaksanakan kegiatan peresmian Bedah Rumah di Desa Dolok Sanggul. (ds/Bisnur Sitompul)

Share:
Komentar

Berita Terkini