Dinas Perhubungan Gunungsitoli Jaring 30 Angkutan Barang Odol

Editor: romi syah author photo


dailysatu.com - Dinas Perhubungan Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara, menjaring sebanyak 30 kendaraan pengangkut barang yang Over Dimensi dan Over Loading (Odol).


Ke 30 kendaraan itu terjaring dalam operasi penertiban dan penindakan yang dilakukan Dinas Perhubungan di kawasan Jalan Sirao, Jumat (25/3/2022).


Kepala Dinas Perhubungan Kota Gunungsitoli, Meiman Kristian Harefa S.SoS, M.SP, menjelaskan bahwa over dimensi adalah kendaraan berukuran panjang, lebar, dan tinggi melebihi standar pabrikan.


"Untuk over dimensi, pemilik melakukan modifikasi terhadap kendaraannya sehingga dapat mengangkut barang dalam jumlah lebih banyak", kata Meiman.


Sedangkan over loading, lanjut Meiman,  adalah kendaraan yang mengangkut barang atau muatan dengan tonase melebihi standar dan ketentuan berlaku. 


"Kendaraan over dimensi dan over loading dapat menimbulkan gangguan lalulintas seperti kemacetan, mengancam keselamatan pengendara lain, serta menyebabkan kerusakan jalan", ujar Meiman.


Diterangkan Meiman, operasi tersebut akan berlangsung sepekan ke depan dengan metode penertiban dan penindakan keliling melalui kendaraan patroli roda empat dan roda dua.


"Penindakan dilaksanakan PPNS LLAJ Dinas Perhubungan Kota Gunungsitoli, Satlantas Polres Nias, Polisi Militer Gunungsitoli, serta UPT Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara", tandas Meiman. (ds/Ris)

Share:
Komentar

Berita Terkini