Dandim 0206/Dairi Hadiri Peresmian Desa Kalang Simbara Menjadi Kampung Pancasila

Editor: dailysatu author photo

dailysatu.com - Komandan Kodim 0206/Dairi Letkol Arh Ridwan Budi Sulistyawan, S.I.P di dampingi oleh Forkopimda Kabupaten Dairi meresmikan Kampung Pancasila di Desa Kalang Simbara, Kecamatan Sidikalang, Kabupaten Dairi, Jum’at (11/3/2022). 

Peresmian Kampung Pancasila secara perdana di wilayah teritorial Kodim 0206/Dairi ini diawali dengan sambutan selamat datang dari Kepala Desa Kalang Simbara Dra. Tetty L. Pasaribu dilanjutkan sambutan dari Bupati Kabupaten Dairi DR Eddy Kalang Ate Berutu, sambutan dari Dandim 0206/Dairi sekaligus penanda tanganan Prasasti oleh Dandim selanjutnya pengguntingan pita dan pelepasan balon ke udara oleh Forkopimda secara bersama-sama selanjutnya penyerahan Lambang Negara Garuda Pancasila kepada Kepala Desa Kalang Simbara dan penanaman pohon di taman Pancasila.

Kegiatan ini turut di hadiri Bupati Kabupaten Dairi DR Eddy Kelleng Ate Berutu, Kapolres Dairi AKBP Wahyudi Rahman SH SIK, Ketua DPRD Kab. Dairi Sabam Sibarani, Kejari Kab. Dairi Chandra Purnama SH MH, Ketua Pengadilan negeri Sidikalang Erika Sari Emkah Ginting SH MH, Ketua Persit Cabang XLII Ny. Nuring Diah Dorojati SE, Camat Sidikalang Swanto Sitakar, Kepada Desa Kalang Simbara Dra Tetty Pasaribu, Ketua LPM tokoh masyarakat Saut Ujung, Ketua PP Dairi Panah Akbar Simatupang, Tokoh masyarakat dan undangan. 

Dandim 0206/Dairi, Letkol Arh Ridwan Budi Sulistyawan, S.I.P menjelaskan, pencanangan Kampung Pancasila ini merupakan tindak lanjut dari perintah Pimpinan TNI AD guna membumikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sosial masyarakat yang akhir-akhir ini semakin tergerus oleh kemajuan zaman.

“Tujuan dibentuknya Kampung Pancasila ini tak lain tak bukan untuk mempersatukan seluruh komponen bangsa di wilayah, khususnya di Desa Kalang Simbara Kecamatan Sidikalang ini,” jelas Dandim.

Masyarakat Kabupaten Dairi dan kabupaten Pakpak Bharat yang penuh kemajemukan, baik dari sisi suku, adat dan agama, dinilai Dandim sangat penting untuk dijaga persatuan dan kesatuannya dengan bingkai NKRI, Bhinneka Tunggal Ika dan Pancasila, sehingga tidak mudah terpengaruh oleh paham-paham radikal, dan intoleransi dalam kehidupan sosial dan keagamaan.

Pembentukan Kampung Pancasila di Desa Kalang Simbara Kecamatan Sidikalang ini sendiri, diakui Dandim akan menjadi role model atau pilot projek bagi seluruh Desa yang ada di Kabupaten Dairi maupun kabupaten Pakpak Bharat.

“Mari kita terapkan nilai luhur Pancasila sebagai pondasi dan kebersamaan toleransi juga sebagai modal kita menjaga dan membangun NKRI ke depan” ujar Dandim.(ds/Hartono)

Share:
Komentar

Berita Terkini