Bupati Taput Sambut Kunjungan Walikota Yogyakarta, Siap Untuk Berkolaborasi di Kawasan Danau Toba

Editor: romi syah author photo


dailysatu.com - Bupati Kabupaten Tapanuli Utara Drs Nikson Nababan MSi, didampingi Forkopimda dan sejumlah Perangkat Daerah, menyambut kunjungan Walikota Yogyakarta Drs Haryadi Sayuti bersama rombongan dalam Kunjungan Kerja di kawasan Danau Toba. 


Direncanakan, Kunker Walikota Yogyakarta ini dilakukan selama tiga hari, mulai tanggal 22 hingga 25 Maret 2022 dengan mengunjungi Kabupaten Tapanuli Utara, Samosir dan Toba. 


Bupati Nikson Nababan mengucapkan terima kasih atas kunjungan Walikota Yogyakarta bersama rombongan di Kabupaten Taput. Bupati mengungkapkan mengenai pengalamannya selama kuliah di Yogyakarta yang mendapatkan banyak pelajaran hidup sehingga membentuk dirinya menjadi pimpinan daerah seperti saat ini. 


Nikson Nababan juga menjelaskan kondisi wilayah Kabupaten Taput secara keseluruhan. Baik dibidang infrastruktur, pertanian dan pariwisata.  



“Saya sangat bersyukur pernah menjadi bagian dari Yogyakarta. Atas dukungan keluarga, saya disarankan kuliah di Yogyakarta kerena merupakan Kota Pendidikan. Baik itu swasta atau negeri semuanya berkualitas. Selain Pendidikan yang sangat maju, Pariwisata di Yogyakarta juga sangat maju dan termasuk tujuan wisata favorit bagi kebanyakan orang sampai saat ini,” ungkap Bupati, Selasa (22/03/2022), saat menjamu Walikota Yogyakarta di Sopo Rakyat Rumah Dinas Bupati. 


Karena kota Yogyakarta yang berkembang menjadi Kota Pendidikan dan pariwisatanya sangat maju, menjadi salah satu inspirasi Bupati Taput untuk mendirikan Universitas Negeri Umum Tapanuli Raya agar SDM bisa maju, dan pariwisata pun bisa berkembang. Karena triggernya dari sektor pendidikan. 


"Bagaimana dari seluruh Indonesia, bahkan dunia datang ke Tapanuli Raya untuk kuliah/sekolah. Kalau Yogyakarta adalah miniatur Indonesia, dengan berdirinya Universitas Negeri, Tapanuli Utara akan menjadi miniatur Pancasila. Kami mohon dukungan dan doa dari Pak Walikota Yogyakarta Agar harapan kami ini segera terealisasi," harap Bupati. 


Nikson Nababan mengapresiasi niat Walikota Yogyakarta untuk membuat Kampung Tapanuli di Kota Yogyakarta. Nama Tapanuli mencakup semua suku Batak, baik itu Toba, Karo, Pakpak, Simalungun dan Mandailing. Bupati yakin cita-cita Walikota ini didukung seluruh masyarakat Tapanuli dan mendoakannya agar terealisasi. 


Sebelumnya, Walikota Yogyakarta mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Taput yang telah menerima kedatangan rombongan Walikota Yogyakarta. 


Ia sangat bersyukur bisa sampai ke Tanah Batak, bahkan sudah diajak Bupati menikmati pemandangan Danau Toba yang sangat indah dari Hutaginjang Kecamatan Muara setelah di sambut di Bandara Internasional Silangit, Siborongborong. 


Walikota Yogyakarta menjelaskan, makna dari kunjungannya ke Danau Toba ingin melihat langsung salah satu Daerah Tujuan Wisata Prioritas di Danau Toba. Ia mengungkapkan kagum dan sangat luar biasa. Karena di Indonesia tidak banyak yang disebut sebagai Kawasan Wisata Prioritas. 


Menurut Haryadi Sayuti, kota Pariwisata tumbuh dan berkembang dengan 3 Suportif utama yaitu, What To See (apa yang dilihat), jelas yang dilihat adalah Danau Toba, What to eat and drink (apa yang bisa dimakan dan diminum) dan What to buy (apa yang bisa di beli). 


Walikota Haryadi Sayuti mengungkapkan, siap berkolaborasi dengan Kabupaten Taput sebagai penyangga utama Kawasan Danau Toba. Mempersilahkan orang Jawa menjadi pengagum Danau Toba. Bekerjasama membuat suvenir-suvenir indah yang bisa dijual di kawasan Danau Toba dengan tetap bersentuhan dengan budaya Batak. 


Selain Pariwisata, Walikota Yogyakarta siap bekerjasama dalam bidang pendidikan. Membuat program pertukaran siswa. Modal tiket saja, siswa ditanggung penginapannya, biaya sekolah seperti biasa. Begitu juga sebaliknya, siswa dari Taput sekolah ke Yogya dengan modal tiket saja, ditanggung tempat tinggal dan sekolahnya, dengan waktu maksimal 1 bulan. 


"Mohon doa Bupati Taput Nikson Nababan dan jajarannya untuk cita-citanya, segera terwujud Kampung Tapanuli di Kota Yogyakarta. Saya sangat setuju dengan usulan Bupati Nikson untuk nama Kampung Tapanuli, karena mewadahi seluruh komunitas, lebih enak didengar dan diucapkan. Ini akan menjadi sejarah NKRI harga mati, bersatunya masyarakat Tapanuli dan masyarakat Yogyakarta,” harap Walikota Haryadi Sayuti. 


Pada kesempatan itu Bupati Taput dan Walikota Yogyakarta saling memberikan cinderamata khas daerah masing-masing. Kemudian, Walikota Yogyakarta memperkenalkan para pejabat  yang ikut dalam rombongannya. (ds/Bisnur Sitompul)

Share:
Komentar

Berita Terkini