Australia Awards Selenggarakan Lokakarya Pembelajaran Tentang Pengembangan Destinasi Pariwisata di Humbahas

Editor: dailysatu author photo

Teks foto : Matteo Bierschneider (CEO Wise Steps Travel), sedang memberikan materi pembelajaran tentang pengembangan destinasi kepada peserta yang mengikuti lokakarya tersebut.

dailysatu.com - Australia Awards selenggarakan loka karya tentang pengembangan destinasi, dan produk pariwisata di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas).

Kepala Dinas Pariwisata, dan Pemuda Olahraga Jakkon Halomoan Marbun mengatakan, lokakarya ini dilaksanakan selama lima hari, mulai tanggal 4 sampai 9 Februari lalu.

" Kegiatan ini menyasar ke para pemangku kepentingan di level pemerintahan dan juga komunitas di Humbahas, katanya," Senin (14/3/2022) di Dolok Sanggul.

Dijelaskannya, adapun para pemangku kepentingan di level pemerintahan diberikan lokakarya terkait tata kelola yang meliputi tata kelola pemasaran, tata kelola destinasi, dan juga manajemen pelayanan serta keberlanjutan. 

Program lokakarya ini lebih memfokuskan dalam membangun koordinasi antar institusi pemerintahan di tingkat kabupaten agar dapat berkolaborasi dan melaksanakan tugas serta fungsi keterlibatan masing-masing dalam pengembangan destinasi di Humbang Hasundutan, khususnya Kecamatan Baktiraja. 

Para peserta diajak untuk bekerjasama antar institusi dalam menciptakan solusi atas permasalahan aktual pariwisata menggunakan beberapa tools yang disediakan oleh para ahli dari Wise Steps Group.

Sedangkan untuk pemangku kepentingan di level komunitas Kabupaten Humbahas, lanjut dia mengatakan, diberikan lokakarya terkait perencanaan pemasaran, perumusan strategi promosi, serta pengembangan produk pariwisata. 

Program yang disampaikan kepada komunitas diberikan dengan cara yang agak sedikit berbeda daripada lokakarya-lokakarya Wise Steps Foundation pada umumnya. 

Komunitas diajak untuk merasakan secara langsung pengalaman bersepeda di kawasan Kecamatan Baktiraja  yang digadang-gadang akan disepakati bersama menjadi salah satu produk yang ditawarkan di kecamatan ini. 

Selain itu, hal ini juga bertujuan untuk mempertahankan antusiasme komunitas dalam mengikuti program lokakarya yang dilakukan.

" Jadi, diharapkan terciptanya dua produk yang dikreasikan oleh komunitas yang didampingi selama program ini berlangsung. Wacana produk yang akan dihasilkan melalui program ini adalah branding sebagai identitas yang menguatkan dan menambahkan nilai dari produk serta layanan lokal, serta sebuah paket pengalaman wisata melalui kegiatan bersepeda," katanya.

Lanjutnya menambahkan, program lokakarya ini dilakukan selama lima hari di Nowly Hotel Kecamatan Dolok Sanggul dan Senior Bakara Hotel Kecamatan Baktiraja. 

Dengan melibatkan para tenaga ahli nya, diantaranya Moch Nalendra (CEO Wise Steps Consulting), Matteo Bierschneider (CEO Wise Steps Travel, Ferry Sabam Samosir (Swisscontact) sebagai pembicara tamu untuk lokakarya tata kelola destinasi. 

Selain itu, komunitas juga didampingi langsung oleh Hidayat Nur Faizi (Program Coordinator Wise Steps Foundation) hingga program ini selesai, sehingga jalur komunikasi antara komunitas dan tenaga ahli dapat tetap terjaga, sekaligus memastikan tujuan utama program dapat tercapai dengan maksimal.(carlos) 

Share:
Komentar

Berita Terkini