Soal Dugaan 'Kutipan' sebesar Rp.15 ribu, DPRD dan Disdikbud Inhu Akan Panggil Kasek dan Komite SDN 008 Air Putih

Editor: romi syah author photo
Kartu Sumbangan Sukarela Komite SDN 008 Air Putih Lubuk Batu Jaya


dailysatu.com- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Indragiri Hulu (Inhu) dan Komisi IV DPRD Inhu akan memanggil Kepala Sekolah (Kepsek) dan Komite SDN 008 Air Putih, Lubuk Batu Jaya (LBJ).


Pemanggilan itu, terkait adanya dugaan 'kutipan' uang sumbangan komite kepada para orangtua/walimurid di sekolah itu sebesar Rp.15.000 setiap siswa.


Parahnya, berdasarkan pengakuan Kepala sekolah (Kepsek) uang sumbangan sukarela itu akan digunakan untuk membayar gaji guru honorer di sekolah itu.

Bukti rekening koran atas nama Komite SDN 008 Air Putih 


Namun, fakta dilapangan, berdasarkan informasi ternyata uang sumbangan itu yang hingga 31 Januari 2022 berjumlah Rp.73 juta lebih ternyata 'diendapkan' di Koperasi Unit Desa (KUD) Usaha Tani Mandiri sejak tahun 2019 lalu.


"Ya, pasti kita akan panggil mereka (Kepsek dan Komitenya) SDN 008 Air Putih LBJ untuk mempertanyakan soal dana uang sumbangan sukarela itu,"kata Ketua Komisi IV DPRD Inhu, Suhariyanto, SH kepada dailysatu.com, Senin 7 Februari 2022 kemarin.


Dikatakan politisi Demokrat itu, jika memang benar terjadinya pengutipan dengan alasan sumbangan uang komite, "Kita minta itu dihentikan kalau tidak jelas peruntukkannya buat apa,"tegasnya.


Lanjutnya, pengutipan uang sumbangan komite yang diberlakukan di SDN 008 Air Putih oleh pihak sekolah dan komite itu tidak pantas dilakukan.


"Pengutipan itu tidak boleh.Apalagi 'dipatok' Rp.15.000.Harusnya jika katanya sumbangan tidak boleh dipaksakan.Jika ada yang mampu boleh menyumbang, kalau pula yang tidak mampu ya, jangan dipaksakan.Sekali lagi saya tegaskan Kepsek dan Komite diminta hentikan pengutipan uang sumbangan itu,"tandasnya.


Ditemui secara terpisah, Senin 7 Februari 2022,Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Inhu, Kamaruzzaman juga berencana akan memanggil Kepsek dan Komite SDN 008 Air Putih.


"Terimakasih atas laporannya, saya juga baru tahu ini dari rekan dailysatu.com.Soal informasi ini, saya akan meminta kepada Kabid untuk memanggil Kasek dan Komite SDN 008 Air Putih untuk klarifikasi terkait persoalan itu, "ucapnya.(ds/ari)

Share:
Komentar

Berita Terkini