RKLA Madina Hadir Untuk Pelihara Kerukunan Umat Beragama di Madina

Editor: romi syah author photo


dailysatu.com- Ketua Rumah Komunikasi Lintas Agama (RKLA) Mandailing Natal  Rizal Efendi akan menjaga kerukunan umat agama di Kabupaten Madina. 


Dia yang baru saja dilantik Rabu (2/2) kemarin menjelaskan saat ini kerukunan umat beragama di Madina sudah sangat baik. Karena itu, dia akan berusaha untuk menghindari gesekan-gesekan yang akan berakibat hancurnya kerukunan umat beragama di Madina.


"Sesuai mandat yang saya terima akan akan berkomitmen untuk menjaga kerukunan umat beragama di Madina. Walaupun saat ini kerukunan itu sudah sangat baik sekali. Jadi kita akan berusaha untuk menghapuskan gesekan-gesekan yang akan berakibat pada rusaknya tatanan kerukunan ini," jelasnya.


Pengurus RKLA Madina yang dilantik adalah Rizal Efendi sebagai ketua, Muhammad Gani Nasution (wakil ketua), Ahmad Basri (sekretaris), Ismail Marzuki (wakil sekretaris), Ade Elvia Nora (bendahara) dan Marsaulina Pane (wakil bendahara).


Dalam kepengurusan yang dilantik itu, Bupati Madina diamanahkan sebagai Ketua Dewan Penasehat dan memiliki beberapa anggota termasuk kapolres, dandim 0212/Tapsel,  kepala Kejaksaan Negeri Madina, dan Muharuddin Umpan dari DPRD Madina.


Sementara Wakil Bupati Madina Atika Azmi Utammi Nasution juga diamanahkan sebagai ketua Dewan Pembina yang memiliki beberapa anggota yaitu: ketua DPRD Erwin Efendi Lubis, Hasbi Pane, dan Muhammad Irsyad.

Sedangkan Pimpinan (Mudir) Pesantren Musthafawiyah H. Mustafa Bakri Nasution dilantik sebagai ketua Dewan Pakar dengan anggota Kepala Kementerian Agama Madina H Ahmad Qosbi, H. Asrul Nasution dan Saparuddin Haji (Akong).


Prosesi pelantikan diwarnai acara adat dan pagelaran seni tradisional Mandailing seperti upa-upa, tor-tor, dan gordang sambilan.


Bupati Madina H.M. Ja’far Sukhairi Nasution berharap seluruh pengurus yang dilantik bisa menjadi pelopor dan contoh dalam menjaga kerukunan antar umat beragama serta hadir di tengah-tengah kesulitan masyarakat tanpa melihat perbedaan suku, agama dan golongan.


“Tugas ini tidak mudah, terlebih di tengah gempuran berbagai informasi hoaks yang terus merongrong dan berupaya memecah belah persatuan,” katanya.


Selain bupati Madina, wakil bupati Madina, turut hadir pada acara ini antara lain Kapolres Madina AKBP H. Muhamamd Reza Chairul Akbar Sidiq, Ketua Umum DPP RKLA Bunda Indah dan beberapa OPD dan tamu undangan lainnya. (Reza)



Share:
Komentar

Berita Terkini