Presiden Jokowi Kunjungi Humbahas Tanam Pohon Sekaligus Serahkan SK Hutan Sosial dan TORA

Editor: dailysatu author photo

Teks foto: Presiden RI, Joko Widodo saat menanam pohon macadamia didampingi Mentri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya Bakar.
dailysatu.com - Bupati Humbang Hasunduntan (Humbahas), Dosmar Banjarnahor bersama Forkopimda, Danrem 023/KS sambut kunjungan kerja Presiden Republik Indonesia Joko Widodo di Halaman Kantor Bupati, Bukit Inspirasi, Doloksanggul, Kamis (3/2/2022). 

Kepala Negara yang kerap dipanggil Jokowi itu tiba di Bukit Inspirasi sekitar Pukul 10:02 WIB menggunakan Helikopter TNI AU bersama rombongan, yakni Menko Marvest Luhut Binsar Panjaitan, Mentri PUPR Basuki Hadimuldjono, Mentri Pariwisata Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno. 

Mengawali kunjungan nya di Humbahas, Bupati Dosmar menggiring Presiden ke ruang kerja bupati selanjutnya bergerak ke menuju Desa Simanglampe melakukan penanaman 1000 batang pohon. 

Penanaman pohon oleh presiden dilakukan di areal Rehabilitasi Hutan dan Lahan (RHL) Desa Simanglampe, Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbang Hasunduntan. Penanaman pohon itu diikuti Menko Marvest, Luhut Binsar Panjaitan, Mentri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya Bakar, Mentri PUPR Basuki Hadimuljono, Mentri Pariwisata Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, Kapoldasu Irjen Pol. RZ Panca Putra  Simanjuntak, Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor serta ratusan masyarakat.

Kadis Kehutanan Provinsi Sumatera Utara, Herianto kepada wartawan mengatakan, jenis pohon yang akan ditanam adalah jenis macadamia, mangga dan pohon yang berguna bagi masyarakat. "Pohon yang lebih banyak ditanam adalah macadamia nut dari Australia. Sebab lima tahun kedepan, masyarakat sudah bisa mendapatkan buahnya," ucap Herianto.

Lanjut Herianto, luas lahan yang akan ditanami pohon, sekitar 110 Ha. Dari 110 Ha itu, 100 Ha Rehabilitasi Hutan dan Lahan (RHL) dan 10 Ha Unit Pelestari Sumberdaya Alam (UPSA) dalam kawasan hutan lindung.

Usai penanaman pohon dengan pengawalan ketat Paspampres, Presiden Jokowi menyapa dan berselfi dengan masyarakat. Selanjutnya, presiden langsung menuju penyerahan SK Perhutanan Sosial dan SK TORA yang berjarak sekitar 1 Km dari lokasi penanaman pohon.

Sekitar pukul 11:30 Jokowi kembali ke rumah dinas bupati Humbahas untuk isoma yang selanjutnya bertolak ke Kabupaten Dairi melanjutkan agenda kunjungan kerja. (Carlos) 

Share:
Komentar

Berita Terkini