Presiden Jokowi di Bandara Silangit, Bupati Taput Bahas Usulan Pembangunan

Editor: romi syah author photo


dailysatu.com - Gubernur Sumatera Utara H Edy Rahmayadi bersama Forkopimda Sumut, serta Bupati Tapanuli Utara Drs Nikson Nababan MSi, menyambut kunjungan kerja Presiden RI Joko Widodo ke Sumatera Utara, di Bandara Internasional Silangit, Siborongborong, Kabupaten Tapanuli Utara, Rabu (02/02/2022).


Pesawat Kepresiden yang membawa Kepala Negara dan rombongan tiba sekitar pukul 09.00 Wib, didampingi oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M Tonny Harjono, Komandan Paspampres Mayjen TNI Tri Budi Utomo.


Pada kesempatan tersebut Bupati Taput kembali menyampaikan tentang usulan program pembangunan di Tapanuli Utara, terutama pendirian Universitas Negeri Tapanuli Raya.


"Saya sudah sampaikan usulan dan proposal pendirian Universitas Negeri Tapanuli Raya di Tapanuli Utara yang akan memacu kualitas SDM yg berkualitas dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi makro dan mikro masyarakat Tapanuli Raya, secara khusus Tapanuli Utara. Beliau sangat menyambut baik, mendukung dan akan segera menindaklanjutinya," ungkap Bupati Nikson Nababan usai penyambutan.


Selain itu, Bupati Taput juga menyampaikan kepada Presiden Jokowi tentang pentingnya pembukaan jalan strategis nasional yang menghubungkan Tapanuli ke pelabuhan Sei Mangke Labuhan Batu, lewat kecamatan Garoga Tapanuli Utara, untuk mempercepat akses transportasi perekonomian masyarakat Tapanuli Raya.


Pelabuhan ini nantinya tidak perlu lagi lewat Belawan untuk arus keluar masuk barang ke Tapanuli. Akses tersebut akan memangkas waktu kurang lebih lima jam daripada ke pelabuhan Belawan Medan. 


"Bidang-bidang lain juga saya sampaikan, tetapi yg menjadi prioritas dulu yang akan beliau atensi. Mari kita dukung dan doakan bersama," ujar Bupati Taput.


Kunjungan kerja Presiden akan berlangsung selama tiga hari di provinsi Sumatera Utara. Setibanya di Bandara Internasional Silangit, Kabupaten Tapanuli Utara, Jokowi langsung melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Toba dengan perjalanan darat yang berjarak sekitar 25 km untuk meninjau dan meresmikan jalan bypass Balige. Presiden juga diagendakan menyerahkan bantuan langsung tunai ke pedagang di Pasar Porsea, Kabupaten Toba.


Setelah itu, Presiden akan meninjau dan meresmikan penataan Kawasan Pantai Bebas Parapat dan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Parapat di Pantai Bebas Parapat, Kabupaten Simalungun.


Kemudian Presiden akan menuju Pelabuhan Ajibata, Kabupaten Toba, untuk meresmikan pelabuhan tersebut beserta enam pelabuhan lainnya dan empat Kapal Motor Penumpang (KMP) sebelum lepas sauh menuju Kabupaten Samosir dengan menggunakan kapal feri.


Di Kabupaten Samosir, Presiden diagendakan untuk meresmikan penataan Kawasan Huta Siallagan dan menyerahkan bantuan langsung tunai bagi para pedagang suvenir dan cendera mata. Presiden juga akan meninjau penataan Kawasan Huta Raja dan meresmikan Kampung Ulos Huta Raja di Kecamatan Pangururan. (ds/Bisnur Sitompul)

Share:
Komentar

Berita Terkini