Pemkab Taput Kunjungi Wonogiri Untuk Peningkatan Inovasi dan Mempererat Kebersamaan

Editor: romi syah author photo

dailysatu.com - Untuk mempererat kebersamaan dalam Pemerintahan terutama terkait dengan peningkatan Inovasi - inovasi, Bupati Tapanuli Utara,Drs Nikson Nababan MSi, bersama Ketua DPRD Poltak Pakpahan, beberapa Anggota DPRD, serta didampingi Sekretaris Daerah Indra Simaremare dan beberapa Pimpinan OPD, melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Wonogiri Provinsi Jawa Tengah, Selasa, (15/02/2022). 

Kunjungan Pemkab Taput tersebut diterima langsung oleh Bupati Wonogiri Joko Sutopo dan Wakil Bupati Setyo Sukarno. 

"Terima kasih untuk sambutan yang sangat hangat dari Pemkab Wonogiri. Ini sangat luar biasa dapat hadir langsung untuk menjalin kebersamaan dan kekerabatan baik secara personal dan pemerintahan," ucap Bupati Taput. 

Bupati Taput menggambarkan inovasi suatu daerah merupakan suatu bagian yang terpenting untuk perkembangan suatu daerah yang dapat dirasakan langsung oleh masyarakat. 

Bupati Taput juga menjelaskan berbagai gebrakan gebrakan Inovasi yang dilakukan di Taput, mulai dari pengolahan lahan gratis, pengolahan lahan tidur menjadi produktif, peningkatan jalan dengan hotmix, mekanisasi pertanian dan data Desa presisi. 

"Inovasi - inovasi ini perlu ditingkatkan dengan belajar ke Wonogiri. Karena dengan belajar dari Kabupaten lain dapat menambah ide dan gagasan agar inovasi tersebut dapat berkembang," ujar Nikson Nababan. 

"Terkhusus dari Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara yang dapat berkunjung langsung ke Wonogiri untuk dapat belajar mengenai inovasi baik dari administrasi dan Praktek ke masyarakat.

Bupati Nikson Nababan berharap, dengan adanya kunjungan ini dapat mempererat silaturahmi Pemkab Taput dan Pemkab Wonogiri secara kekeluargaan dalam pemerintahan untuk peningkatan inovasi daerah masing-masing. Terkhusus dari Pemkab Taput untuk dapat belajar mengenai inovasi baik dari administrasi dan praktek ke masyarakat. 

Sebelumnya, Bupati Wonogiri Joko Sutopo sangat mengapresiasi kunjungan Bupati Taput ke Kabupaten Wonogiri dalam hal peningkatan inovasi daerah. 

"Selamat datang di Kabupaten Wonogiri, semoga penyambutan kami yang penuh kesederhanaan ini tidak mengurangi ikhtiar tali persaudaraan antara Pemkab Wonogiri dan Pemkab Taput. Jarak yang terbentang luas samudera, tidak menghalangi niat baik untuk memperluas wawasan yang akan berguna dalam melaksanakan program pemerintahan di masing-masing wilayah," tandas Bupati Joko Sutopo. 

Dengan kunjungan ini, kata Bupati Joko Sutopo, menjadikan hubungan antara Kabupaten Taput dan Kabupaten Wonogiri semakin erat pada berbagai aspek dan sendi kehidupan. Saling bertukar ilmu dan pengalaman yang memberikan manfaat bagi kedua wilayah. 

Selanjutnya, Wakil Bupati Wonogiri Setyo Sukarno menjelaskan Kondisi Kabupaten Wonogiri. Dimana, Kabupaten Wonogiri yang merupakan satu dari 35 Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Tengah, menempati posisi paling tenggara di Provinsi Jawa Tengah. 

Dengan luas wilayah 1.822,36 hektar, secara administratif terbagi dalam 25 Kecamatan, 251 Desa, dan 43 Kelurahan. Jumlah penduduk pada tahun 2020 sekitar lebih dari 1 juta jiwa, sebagian besar warga (70 persen) merupakan petani dan buruh tani. 

"Ada satu semangat kebersamaan untuk membawa masyarakat Kabupaten Wonogiri semakin maju mandiri dan sejahtera, dengan satu semangat 'Go Nyawiji Sesarengan mBangun Wonogiri'. Nyawiji memiliki makna melebur, menyatu, dalam satu tekad untuk mencapai tujuan bersama. Pada akhirnya, semangat kebersamaan ini mendorong terbentuknya sinergi dan kolaborasi antara segenap elemen masyarakat di Kabupaten Wonogiri tanpa memandang sekat atau batas," jelas Wabup Setyo Sukarno. 

Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian cendramata yang langsung diberikan oleh Pemkab Wonogiri dan Tapanuli Utara. (ds/Bisnur Sitompul)

Share:
Komentar

Berita Terkini