Pedagang Pasar Sidikalang Dapat Bantuan Paket Sembako Dari Presiden RI

Editor: dailysatu author photo

dailysatu.com - Presiden RI Joko Widodo di Pasar Sidikalang membawa berkah kepada pedagang pasar, Jokowi menyerahkan Paket Bantuan Sembako kepada pedagang Pasar Sidikalang melalui Protokoler Kepresidenan RI pada tanggal 03 Februari 2022 serentak dengan kunjungan Presiden RI di Pasar Sidikalang. 

Paket sembako dibagikan  secara simbolis oleh Tim Protokoler Kepresidenan pada area kunjungan Presiden, untuk penyerahan selanjutnya sesuai data yang diminta diserahkan pembagiannya kepada PD. Pasar Kab. Dairi dibantu Kodim 02 06 Dairi dan Polres Dairi sejumlah 1.107 Paket, data yang dapat diserahkan kepada tim protokoler kepresidenan sebagai calon penerima paket adalah data pedagang yang terdaftar di Pasar Sidikalang, data yang diserahkan sebanyak 1.029 pedagang yang menempati Fasilitas dan memiliki izin sebagai pedagang Pasar Sidikalang, dan disepakati dalam rapat Tim persiapan sebagai data acuan calon penerima.

Paket sembako dimaksud diantar langsung  pada tanggal 03 Februari 2022 sesaat sebelum kehadiran Presiden RI oleh Tim Protokoler Kepresidenan RI, berdasarkan pertimbangan daya tampung dan keamanan paket, ditempatkan pada Tempat Penyimpanan Sementara di Rumah Direktur Utama PD. Pasar Kab. Dairi dengan pertimbangan ruangan penyimpanan di kantor PD. Pasar tidak memungkinkan dan tidak dapat memuat paket sebanyak itu, sehingga dititipkan sementara sebelum dibagikan secara bertahap data calon penerima.

Sesuai dengan jadwal yang telah direncanakan, maka paket sembako dimaksud akan mulai dibagikan bertahap kepada calon penerima sesuai data mulai pada Jumat 04 Februari 2022 sampai dengan seluruh paket selesai dibagikan dan dijadwalkan akan selesai seluruhnya selama seminggu pada Kamis 10 Februari 2022.

Bantuan paket sembako yang disalurkan pada hari Jumat, tanggal 04 Februari 2022 di Kantor PD. Pasar Kabupaten Dairi telah terlaksana sebanyak 640 paket dengan pertimbangan efisiensi dan keamanan paket jumlah yang dapat disalurkan pada hari itu yang dikeluarkan dari ruangan penyimpanan sementara, dan sisanya akan dikeluarkan saat pelaksanaan penyaluran yang diharapkan dapat segera dilaksanakan secara cepat dan tepat.

Kendala yang muncul pada saat penyaluran paket sembako dimaksud terjadi dengan banyaknya pedagang yang tidak termasuk dalam data pedagang (pedagang diluar) berbondong- bondong datang untuk meminta sembako, sehingga diputuskan untuk melanjutkan pembagian dengan mempertimbangkan metode pembagian yang paling tepat untuk mencapai calon penerima sesuai data yang sudah disepakati bersama tim protokoler.

Pada hari Sabtu, 05 Februari 2022 mengingat banyaknya pedagang yang bukan dari bagian pedagang resmi sesuai data  diputuskan tidak dapat dilaksanakan pembagian sembako karena dikhawatirkan terjadi kerumunan yang tidak dapat dihindari, selain itu juga sebagai agenda rutin penertiban pasar, mayoritas petugas PD Pasar bertugas dan akan dilanjutkan ke Minggu depan untuk penuntasan pembagian paket dimaksud.

Sesuai dengan kriteria data calon penerima yang belum menerima paket sembako dimaksud, Petugas PD Pasar pada  hari Senin dan Selasa 07-08 Februari 2022 belum dapat disalurkan dimana sasaran penerima pedagang pasar sidikalang tidak berjualan di pasar sidikalang, sehingga diputuskan PD. Pasar Kab. Dairi melanjutkan validasi data dimana akan dipertimbangkan dalam hal tertentu adanya data penerima bantuan telah menyewakan fasilitasnya sehingga terdapat 2 data pada 1 fasilitas pedagang yang membutuhkan pertimbangan lanjutan liga yang akan memperoleh bantuan dimaksud.

Mengingat penyaluran paket sembako yang tidak dapat diharapkan tercapai serta merta dan membutuhkan waktu, maka pada hari Selasa 08 Februari 2022 bantuan sembako Kepresidenan RI tersebut telah dipindahkan dari tempat penyimpanan sementara ke Ruangan  PD. Pasar Kab. Dairi  sudah dapat menampung sisa sembako tersebut dan direncanakan Rabu 09 Februari s/d 11 Februari 2022 PD Pasar akan berfokus menyalurkan sisa paket dimaksud.

Sampai saat ini sembako yang sudah tersalurkan sebanyak  640 paket dan data yang belum tersalurkan sebesar 467 paket. Diharapkan pembagian paket sembako kepresidenan ini dapat terlaksana dengan cepat dan tepat sehingga dapat dilaporkan penyalurannya kepada Tim Protokoler Kepresiden RI.(ds/Heri borok/Hartono)

Share:
Komentar

Berita Terkini