Hendra DS Komit Dorong Dirikan Bank Sampah Di Tiap Kelurahan

Editor: dicky irawan author photo


Dailysatu.com- Anggota DPRD Kota Medan, Hendra DS komitmen untuk selalu mendorong warga agar mendirikan bank sampah. Soalnya, bank sampah bisa menjadi solusi untuk mengatasi masalah sampah yang selama ini menjadi masalah klasik yang belum terselesaikan dengan baik.

"Saya tidak bosan- bosan untuk mendorong warga mendirikan bank sampah. Selain bisa mengatasi masalah sampah, bank sampah ini juga bisa mendatangkan income bagi warga," papar Hendra DS dalam Penyelenggaraan sosialisasi produk hukum daerah, Perda Kota Medan Nomor 6 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Persampahan pada kegiatan peningkatan kapasitas DPRD sub kegiatan publikasi dan dokumentasi dewan di Jalan Sisingamangaraja, Kota Matsum, Medan Kota, Sabtu (5/2/2022).

Hendra DS menambahkan Pemerintah Kota (Pemko) Medan berkewajiban memberikan pelatihan kepada warga untuk membentuk bank sampah. 

Atas dasar itulah, Hendra DS meminta agar Tim PKK di tiap kelurahan segera membentuk bank sampah.

"Jadi, tunggu apalagi. Kalau ibu- ibu PKK kurang paham bagaimana cara pembentukan bank sampahnya, nanti bisa memanggil Dinas Kebersihan dan Pertamanan agar memberikan pelatihan. Karena ini memang tanggungjawab dari Pemko Medan," ujarnya.

Dengan adanya bank sampah, Hendra DS menambahkan ibu- ibu rumah tangga bisa membantu keuangan rumah tangganya. Mengingat, sudah ada contohnya. Seperti salah seorang warga di Kelurahan Terjun, Medan Marelan bisa berpenghasilan Rp 1,5 juta per bulan dengan mengikuti program bank sampah tersebut.

"Sampah non organik, seperti plastik, karton, kaleng, besi dan lainnya bisa dijadikan uang. Sampah- sampah non organik seperti itulah yang nantinya bisa diberdayakan di bank sampah," ujarnya.

Sementara itu, Martahan selaku Kepala Seksi Trantib Kecamatan Medan Kota mengatakan pengelolaan sampah memang sangat sulit untuk dibahas. Makanya, kehadiran bank sampah akan menjadi salah satu solusi untuk mengatasinya.

"Dibutuhkan kesadaran kita untuk mengatasi sampah. Mudah- mudahan, dengan adanya bank sampah, sedikit demi sedikit permasalahan sampah bisa teratasi," paparnya. (DS/ dik)


Share:
Komentar

Berita Terkini