Dua Hari ke Dusun Terpencil, Bupati Taput Tegaskan Parmonangan Harus Merdeka dari Keterisoliran

Editor: romi syah author photo


dailysatu.com - Bupati Tapanuli Utara Drs Nikson Nababan MSi, didampingi Sekda Indra Simaremare, Kadis PU Dalan Simanjuntak, Camat Parmonangan Lammiduk Sinaga, melakukan kunjungan selama dua hari dibeberapa Desa terisolir dan terpencil di Kecamatan Parmonangan. 


Dalam kunjungannya, Bupati meresmikan jembatan penghubung Parmonangan Barat - Parmonangan Timur di Dusun Simarsalaon Desa Pertengahan, Rabu (09/02/2022). 


"Jembatan ini merupakan jembatan penghubung Parmonangan Barat dan Parmonangan Timur untuk peningkatan sarana dan prasarana di Desa terisolir yang berbatasan dengan Kabupaten Tapanuli Tengah," ujar Nikson Nababan. 


Jembatan yang diberi nama jembatan Nikson-Sarlandy itu, merupakan sarana penghubung Desa terluar di Kecamatan Parmonangan. Dibangun dengan menggunakan APBD Taput tahun 2021 senilai Rp 475.000.000. 


Dengan dibangunnya jembatan tersebut, diharapkan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat, mempersatukan sosial dan budaya untuk kehidupan yang lebih baik. Masyarakat Parmonangan Barat tidak harus ke Kabupaten Tapanuli Tengah lagi untuk menjual hasil pertaniannya. 


Bupati Nikson Nababan menjelaskan, selain jembatan, tahun ini pembangunan perkerasan jalan sepanjang 2 kilometer hingga ke Hajoran yang mencakup tiga Desa yaitu, Desa Purba Dolok, Manalu Purba dan Batu Arimo sudah mulai dikerjakan. Selanjutnya, pembangunan jalan hotmix dari simpang Hariara ke Rappa sekitar 400 meter hingga ke jembatan Simarsalaon untuk pendukung tembusnya jalan ke Hajoran. 


"Parmonangan harus merdeka dari keterisoliran. Kita akan memperlebar jalan di Desa Manalu sebelum dihotmix tahun ini. Kita sudah berdiskusi dengan Kepala Desa Manalu agar masyarakat memberikan tanahnya lima meter sebelah kanan untuk pelebaran jalan. Kita akan turunkan alat breaker untuk mengupas dinding yang berbatu. Kita berharap agar 50 tahun mendatang jalan tetap berguna," ungkap Nikson Nababan. 


Tokoh masyarakat bersama Kepala Desa Pertengahan, Marto Manalu  mengapresiasi dan berterimah kasih kepada Bupati dengan dibangunnya jembatan itu. 


Sebelumnya, Bupati saling bertatap muka dengan warga Dusun Simarsalaon Desa Pertengahan, Selasa (08/02/2022) malam. Warga sangat antusias menyambut kedatangan Bupati Nikson Nababan yang menginap untuk beristirahat di rumah warga di Dusun tersebut. 


Dalam acara malam keakraban bersama warga, Bupati memberikan bantuan berupa pengobatan gratis, vaksinasi untuk anak, pemberian buku untuk anak sekolah, dan pembagian benih Ikan. (ds/Bisnur Sitompul)

Share:
Komentar

Berita Terkini