Dishub Taput Imbau TPL Fokus Untuk Truk Kelebihan Muatan Bahan Baku Pulp

Editor: romi syah author photo


dailysatu.com - Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Tapanuli Utara, Kijo Sinaga SE MSi, mengimbau PT Toba Pulp Lestari Tbk (TPL), lebih fokus untuk membenahi truk angkutan bahan baku pulp (Kayu Eucalyptus) agar tidak melebihi muatan (Over Tonase). 


”Para kabid dan staf telah turun ke lapangan sebagai tindak lanjut keluhan masyarakat atas dugaan adanya truk pengangkut kayu yang berasal dari PT TPL Sektor Aek Raja, melintasi ruas jalan Parmonangan – Silangkitang, Taput, melebihi tonase sesuai kelas jalan III C,” ungkap Kijo Sinaga, Senin (31/01/2022), saat melakukan kunjungan kerja ke TPL Sektor Aek Raja. 


Kadishub juga mengimbau, agar dalam waktu dekat pihak TPL mengundang para Mitra Kerja dan perangkat terkait, dalam melaksanakan pembinaan dan sosialisasi sesuai Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2019, tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. 


Sehingga para mitra kerja TPL memahami dan bertanggung jawab terhadap infrastruktur yang telah susah payah dibangun oleh Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara dibawah kepemimpinan Bupati Drs Nikson Nababan MSi. 


“Dishub Taput akan tetap mengawasi truk pengangkut kayu yang menyalahi aturan Over Dimension Over Load (ODOL). Dishub Taput juga mengimbau agar melakukan pengurusan UJI KIR di Pengujian Kendaraan Bermotor Dishub Taput, sebagai salah satu penerimaan pendapatan Pemkab Taput,” tegasnya.



Sementara itu kedatangan tim kerja Dishub Taput, diterima langsung  Regional Manager TPL Sektor Aek Raja Monang Simatupang. Mewakili perusahaan, Monang Simatupang mengatakan pihaknya (TPL) selalu melakukan pengawasan terhadap Mitra Kerja dalam pengangkutan bahan pulp dari Sektor Aek Raja. 


Menurut Monang Simatupang selama menjalankan operasional kerja, pihaknya selalu berpedoman pada peraturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Dikatakannya, berkembangnya berbagai informasi negatif di sosial media, adalah tidak benar dan tanpa fakta. 


“Kami di sektor Aek Raja sangat patuh dalam peraturan pemerintah yang berlaku. Bahkan saya menyatakan tidak benar pengangkutan kayu dari Kabupaten Tapanuli Utara, melintasi Kabupaten Humbang Hasundutan, seperti yang diisukan dalam sosial media,” ujar Monang Simatupang. 


Bila terbukti salah, kata Monang, akan diberikan sanksi dan tindakan tegas kepada Mitra Kerja yang melanggar komitmen kerja. TPL juga sangat berterima kasih kepada pemerintah Kabupaten Taput yang telah memberikan masukan dan mengingatkan perusahaan. 


Ditambahkannya, perusahaan TPL khususnya di sektor Aek Raja selalu berkomitmen membina hubungan yang baik dengan Pemerintah dan masyarakat untuk mendukung program pembangunan Pemerintah Kabupaten Taput. (ds/Bisnur Sitompul)

Share:
Komentar

Berita Terkini