Cara Daftar SNMPTN 2022

Editor: dicky irawan author photo

 


Dailysatu.com- Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) 2022 sama seperti tahun lalu, yakni hanya digelar melalui online. Tahun ini, pendaftaran SNMPTN 2022 akan dibuka mulai hari ini, Senin (14/2/2022).

Pendaftarannya dibuka selama dua minggu, mulai 14 Februari 2022 hingga 28 Februari 2022.

SNMPTN merupakan salah satu jalur yang dapat ditempuh oleh para siswa kelas 12 untuk mendaftar menjadi mahasiswa di perguruan tinggi negeri (PTN) di Indonesia.

Melansir dari kompas.com, pendaftaran SNMPTN 2022 dapat dilakukan melalui laman resmi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), yakni portal.ltmpt.ac.id. Selain itu, dapat juga melakukan pendaftaran SNMPTN 2022 melalui link snmptn.ltmpt.ac.id.

Ini Syarat Daftar SNMPTN 2022

Terdapat beberapa syarat agar bisa mendaftar SNMPTN 2022, diantaranya, sudah memiliki akun LTMPT, akun LTMPT sudah dipermanenkan, termasuk salah satu siswa eligible atau masuk dalam kuota pendaftaran SNMPTN dan siswa ada di dalam daftar Portal Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

Tidak semua siswa dapat mendaftar SNMPTN 2022. Hanya siswa yang sudah memenuhi syarat- syarat tersebut yang bisa mengikuti SNMPTN.

Cara Daftar SNMPTN 2022

Sebelum mendaftar, siswa wajib memenuhi syarat- syarat di atas terlebih dahulu. Setelah itu, barulah mulai mendaftar. Ini caranya:

1- Masuk laman: snmptn.ltmpt.ac.id atau portal.ltmpt.ac.id.

2-Log in dengan akun LTMPT yang sudah dipermanenkan atau finalisasi.

3- Masukkan email dan kata sandi yang sudah dibuat sebelumnya.

4- Isi pilihan program studi. Siswa bisa memilih dua program studi di dua PTN. Dengam catatan, salah satu pilihan PTNnya berada di provinsi yang sama dengan SMA asalnya.

Tapi, bila siswa mengambil 1 program studi, maka bebas memilih PTN di provinsi mana saja.

Ada hal yang perlu diperhatikan, yakni jika pilihan program studi diblok hitam, itu artinya tidak dapat dipilih karena tidak sesuai dengan kriteria pendaftar yang dibutuhkan. Contohnya, program studi yang hanya dibuka untuk jurusan IPA akan berwarna hitam pada tampilan peserta yang berasal dari jurusan IPS.

Bila telah menetapkan program studi, lalu klik "simpan semua pilihan" atau bisa juga mengklik “Hapus pilihan ke-2” jika hanya ingin mendaftar di satu prodi saja.

5- Isi Dan Unggah Portfolio, bagi siswa yang memilih program studi di bidang seni dan olahraga. Ini merupakan kriteria wajib dilakukan bagi siswa yang memilih program studi seni dan olahraga, karena besarannya mencapai 50 persen.

File portofolio yang diunggah maksimal berukuran 100 mb.

Sedangkan, siswa yang tidak memilih dua program studi itu, maka akan muncul notifikasi bahwa siswa itu tidak perlu mengunggah portfolio.

6- Isi Prestasi

Kolom prestasi ini diperuntukkan kepada peserta yang memiliki prestasi. Silahkan mengisinya, maksimal 3 prestasi. Dengan catatan, prestasinya paling rendah di tingkat kabupaten kota.

7- Finalisasi

Bila semua data telah diisi dan sudah diyakini benar, peserta bisa melakukan finalisasi. Satu hal yang harus diingat, jika sudah melakukan finalisasi, maka siswa tidak bisa lagi membatalkan atau mengganti pilihannya dengan alasan apapun.

8- Download Kartu Registrasi

Langkah selanjutnya adalah mendownload atau mengunduh kartu registrasi dan mencetaknya. Kartu registrasi terdapat di sebelah kanan laman finalisasi.

Selamat mendaftar dan semoga berhasil. Adapun pengumuman hasil SNMPTN 2022 akan diumumkan pada 29 Maret 2022. (DS/ Dik)


Share:
Komentar

Berita Terkini