Bupati Taput Prioritaskan Percepatan Pembangunan Infrastruktur Untuk Pertumbuhan Ekonomi

Editor: romi syah author photo

dailysatu.com - Bupati Tapanuli Utara Drs Nikson Nababan MSi, menyatakan prioritas pembangunan infrastruktur dibeberapa Kecamatan dengan dilaksanakannya lelang dini/pra DPA untuk percepatan penyerapan anggaran dan percepatan pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Taput. Sehingga hasilnya dapat dinikmati masyarakat lebih awal, makin cepat pembangunan, makin cepat pertumbuhan ekonomi masyarakat. 

Hal tersebut ditegaskan Bupati Nikson Nababan, didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Marihot Simanjuntak, Kadis PUPR Dalan Simanjuntak, Kadis Pariwisata YC Hutauruk, dan beberapa Pimpinan Perangkat Daerah, Kamis (10/02/2022), di Sopo Rakyat Rumah Dinas Bupati, saat acara penandatanganan kontrak antara Pejabat Pembuatan Komitmen (PPK) dengan penyedia untuk kegiatan yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) bidang jalan TA 2022 pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Taput. 

"Kami berharap agar pengguna anggaran PPK, PPTK, pengawas dan rekan kami penyedia agar segera melaksanakan pengukuran awal, pematokan dan segera dilanjutkan dengan pelaksanaan pekerjaan lapangan, sehingga pekerjaan dapat diselesaikan tepat waktu sesuai dengan jadwal yang tertuang dalam kontrak surat perjanjian," tegas Bupati Nikson Nababan. 

Dalam pelaksanaannya, Bupati berharap agar penyedia dapat bekerja sesuai dengan spesifikasi yang terdapat di dalam kontrak. Pihak pengawas dari Dinas PUPR Taput agar meningkatkan kinerjanya sehingga tidak terjadi kelebihan bayar atau temuan dari hasil pemeriksa internal dan eksternal nantinya. Hasil pekerjaan dapat tepat mutu, tepat waktu dan tepat biaya. 

Nikson Nababan menjelaskan, pada bulan Desember Tahun 2021 Pemerintah Kabupaten Taput telah melaksanakan tender dini terhadap kegiatan yang bersumber dari DAK, yaitu DAK bidang jalan terdiri atas 6 paket pekerjaan dengan pagu Rp.19.450.892.000 (sembilan belas miliar empat ratus lima puluh juta delapan ratus sembilan puluh dua ribu rupiah). 

Pagu tersebut digunakan untuk Rekonstruksi jalan Garoga – Rianiate, Rekonstruksi jalan Onan Tukka – Simanampang, Rekonstruksi jalan Pansurbatu – Lobu Haminjon, Rekonstruksi jalan Sp. Pacuan – Silaitlait – bts Humbahas, Pemeliharaan berkala/rehabilitasi jalan Sarulla –Sipetang, Pemeliharaan berkala/rehabilitasi jalan Siparendean – Huta Mamungka – Adian Nalambok. 

Kemudian, DAK bidang sumber daya air terdiri atas 6 paket pekerjaan dengan pagu Rp.5.016.597.000 (lima miliar enam belas juta lima ratus sembilan puluh tujuh ribu rupiah), antara lain untuk Rehabilitasi jaringan irigasi Daerah Irigasi (DI) Aek martindi (100 ha), Rehabilitasi jaringan irigasi DI Siborgung kiri/kanan (159 ha), Rehabilitasi jaringan irigasi DI Sidolgi (140 ha), Rehabilitasi jaringan irigasi DI Silangkitang (200 ha), Rehabilitasi jaringan irigasi DI Sitampurung (225 ha), Rehabilitasi jaringan irigasi DI Suppol (60 ha). 

Selanjutnya, Bupati Nikson Nababan menjelaskan dari 12 paket pekerjaan yang telah dilelang, yang saat ini pada tahapan penandatanganan kontrak ada 4 paket pekerjaan. Sedangkan 8 paket pekerjaan lainnya akan segera menyusul. Adapun ke 4 pekerjaan dimaksud adalah Rekonstruksi jalan Garoga – Rianiate Rp.3.360.394.500,02, Pemeliharaan berkala/rehabilitasi jalan Sarulla –Sipetang Rp. 2.964.600.000,00, Rekonstruksi jalan Sp. Pacuan – Silaitlait – bts Humbahas Rp. 2.909.727.678,79, dan Pemeliharaan berkala/rehabilitasi jalan Siparendean – Huta Mamungka – Adian Nalambok Rp. 2.959.800.000,01. (ds/Bisnur Sitompul)

Share:
Komentar

Berita Terkini