Asisten II Pemkab Labuhanbatu Buka Rapat Pengkajian Analisis Terhadap BUMD Labuhanbatu

Editor: dailysatu author photo

dailysatu.com - Bupati Labuhanbatu dr.H.Erik Adtrada Ritonga,M.KM melalui Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan Drs.Ikramsyah Putra membuka rapat tentang seminar proposal pengkajian analisis kebutuhan daerah dan kelayakan usaha terhadap pendirian Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) pengelolaan pasar Kabupaten Labuhanbatu, Selasa (08/02/2022) di Ruang Rapat Bupati, Kecamatan Rantau Selatan.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Labuhanbatu Zuhri,SE mengatakan saat ini pengkajian masih dalam proses di bagian hukum. Dia berharap, seminar proposal ini dapat berjalan dengan baik seperti yang diharapkan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Sementara itu, narasumber yang merupakan peneliti dari Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Sumatera Utara Jhonny Sitorus,ST.M.Pd menjelaskan bahwa salah satu langkah yang harus dilakukan adalah pengkajian proposal. Namun begitu, ada juga langkah lainnya seperti mengumpulkan data, pelayan umum pasar Labuhanbatu, kebutuhan masyarakat terhadap pendirian BUMD pengelola dan melihat kelayakan usaha dan potensi.

Jhonny juga menyatakan, salah satu cara bisa ditempuh oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Labuhanbatu adalah dengan penyertaan modal usaha BUMD. Menurutnya, jika BUMD dibangun, maka akan terserap tenaga kerja yang mampu mengurangi tingkat pengangguran, dan yang memiliki potensi seperti itu ialah BUMD Pasar. Sebab, Perusahaan Daerah (PD) Pasar mampu menyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) Labuhanbatu secara signifikan dan mampu meningkatkan perekonomian daerah. 

Sementara Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Labuhanbatu Chairuddin Nasution pada prinsipnya mendukung untuk dilakukan penelitian terlebih dahulu, bagaimana pasar di Labuhanbatu semakin bagus, baik dari segi pelayanan maupun peningkatan PAD.

Turut hadir dalam rapat tersebut, Asisten II Pemkab Labuhanbatu Drs.Ikramsyah Putra, Peneliti Balitbang Provinsi Sumut Jhoni Sitorus, Kepala Balitbang Labuhanbatu Zuhri, Kepala Bappeda Labuhanbatu Hobol Z Rangkuti, Kadis Perindag Chairuddin Nasution, Perwakilan KADIN Labuhanbatu, Perwakilan HIPMI Labuhanbatu,Perwakilan Universitas Al-Washliyah Labuhanbatu dan Tamu undangan. (DS/aji) 

Share:
Komentar

Berita Terkini