Ruas Jalan Nasional di Taput Longsor Pengemudi Diimbau Waspada

Dibaca:
Editor: Romi Syah author photo


dailysatu.com - Hujan deras yang terjadi di wilayah Kabupaten Tapanuli Utara, telah mengakibatkan tanah longsor di sejumlah ruas jalan nasional.


Seperti yang terjadi di jalan lintas Sumatera km 25, tepatnya di lubang ni homang, Kecamatan Pahae Julu. Akibat hujan deras, tebing di sisi jalan nasional tersebut longsor dan menimbun badan jalan, Jumat (07/01/2022), sekira pukul 06.00 Wib.


Tanah longsor di ruas jalan itu sempat membuat kemacetan arus lalu lintas sekitar dua jam dari arah Tarutung menuju Padang Sidempuan maupun arah sebaliknya. Untuk membersihkan badan jalan, Personil Sat Lantas Polres Taput bersama warga setempat mengangkut tanah longsor bercampur bebatuan.


Kapolres Taput AKBP Ronald FC Sipayung, melalui Kasi Humas Aiptu W Baringbing, mengatakan tebing yang longsor dan menutupi badan jalan sepanjang 6 meter terjadi sekira pukul 06.00 Wib. 


Karena alat berat tidak ada di dekat lokasi, sehingga anggota Sat Lantas bersama warga bergotong royong secara manual agar kemacetan lalu lintas tidak mengalami antrian panjang.


"Sekitar pukul 09.00 Wib, kendaraan sudah bisa melintas dengan cara buka tutup. Setelah melakukan kordinasi dengan Dinas PU Pemkab Taput, sekitar pukul 10.00 Wib, alat berat tiba di lokasi dan satu jam kemudian kemacaten sudah bisa terurai," jelas Aiptu W Baringbing.


Saat ini kendaraan sudah bisa melintas dengan lancar. Namun personil Sat Lantas Polres Taput masih tetap menjaga lokasi untuk mengatur lalu lintas karena kondisi jalan masih licin.


Aiptu W Baringbing mengimbau kepada seluruh pengemudi kendaraan, baik roda dua dan roda empat ke atas, agar tetap waspada. Karena saat ini cuaca ekstrim masih terjadi dan ruas jalan di wilayah Taput banyak tebing pegunungan yang rawan terjadi longsor secara tiba-tiba. (ds/Bisnur Sitompul)

Share:
Komentar

Berita Terkini