Raih Penghargaan Daerah Inovatif, Dosmar Banjarnahor: Penghargaan Ini Berkat Kerja Keras Jajaran Pemerintah Humbahas

Editor: dailysatu author photo

Teks foto :  Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor (kiri) bersama Asisten Pemerintahan Makden Sihombing saat ditemui Wartawan di Kantornya.
dailysatu.com - Baru seumur jagung semenjak dimekarkan tahun 2003 dari Kabupaten Tapanuli Utara, Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) di bawah kepemimpinan Bupati Dosmar Banjarnahor berhasil meraih segudang penghargaan, salah satunya adalah penghargaan inovatif dari Kementerian Dalam Negeri tahun 2021 lalu.

Melalui keputusan Menteri Dalam Negeri bernomor 002.6-5848 tahun 2021 tentang indeks Inovasi daerah, provinsi, kabupaten, dan kota tahun 2021, Humbahas yang akan memasuki usia 19 tahun berada di peringkat ke 85 dari 415 kabupaten se Indonesia dengan skor 51.09.

Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor, melalui Asisten Pemerintahan Makden Sihombing mengatakan, Humbahas mendapat penghargaan kategori daerah inovatif. Penghargaan kategori ini sudah dua kali diraih Kabupaten Humbang Hasundutan secara berturut-turut. 

" Tahun 2020 peringkat 97 dengan skor indeksnya 1.714. Tahun 2021, Humbahas terpilih peringkat ke 85 dari 415 kabupaten se-Indonesia dengan kategori inovatif," kata Makden, Selasa (25/1/2022).

Makden menjelaskan, inovatif government award (IGA) ini merupakan gagasan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemendagri sebagai upaya mendorong pemerintah daerah agar terus berinovasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. 

Dengan melalui peningkatan pelayanan publik, pemberdayaan, dan peran masyarakat. Terakhir, peningkatan daya saing daerah.

" Jadi, ini merupakan hasil kerja keras Bupati kepada seluruh OPD , untuk menciptakan inovasi pelayanan," ucap Makden.

Adapun menurut Makden, indikator digunakan dalam penilaian IGA ini, terdapat 35 indikator. 

Dari 35 itu, kata Makden, sudah dihimpun dari indikator dalam semua penilaian yang dilakukan pemerintah ketika menilai pemerintah daerah. 

" Salah satunya, sistem aplikasi informasi publik, sistem akuntabilitasi kinerja intansi pemerintah (SAKIP)," jelasnya.

Kedepannya, lanjut Makden, Pemkab Humbahas menargetkan meraih penghargaan lebih tinggi dengan predikat sangat inovatif. " Apalagi, sesuai Peraturan Bupati bernomor 1 tahun 2021 tentang inovasi dilingkungan Pemerintah Humbahas ini kepada seluruh OPD. Karena misi Bupati ingin memperluas inovasi , dan mudah-mudahaan kita bisa mencapai itu," harapnya.

Sementara, Bupati Dosmar menambahkan, penghargaan Kabupaten Inovatif tahun 2021 ini diperoleh berkat kerja keras jajaran Pemerintah Humbahas. 

" Jadi, mari kita semua untuk terus berinovasi. Mudah-mudahaan tahun depan kita bisa raih lebih tinggi lagi untuk masyarakat Kabupaten Humbahas. Karena inovasi ini, mulai dari kita lakukan ke pelayanan," tandasnya.(carlos) 

Share:
Komentar

Berita Terkini