Perkuat Bidang Pendidikan, Pemkab Dairi Kerjasama Dengan Universitas Pertahanan RI

Editor: dailysatu author photo

dailysatu.com - Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu melaksanakan penandatanganan Nota Kesepahaman dengan Universitas Pertahanan (Unhan) Republik Indonesia di Jakarta, Sabtu (21/1/2022).

Nota kesepahaman tersebut ditandatangani Rektor Unhan Prof Dr Ir Amarulla Octavian dengan bupati Dairi memuat 6 nota kesepahaman diantara, pemberian beasiswa kepada ASN untuk program S2 dan S3 serta beasiswa untuk siswa SMA untuk program S1 masing-masing 5 orang per tahun.

Kemudian kerjasama bidang penelitian dan pengabdian masyarakat dalam rangka penulisan sejarah dan potensi Kabupaten Dairi sebagai daerah penyangga, rencana pembangunan sekolah vokasi berbasis pertanian yang unggul di Kalang Simbara. Selanjutnya, pembekalan wawasan kebangsaan kepada pejabat dan ASN, kepala desa dan perangkatnya, Ormas dan kelompok masyarakat lainnya.

Kerjasama lain, pembekalan dan pelatihan mitigasi bencana dan pembuatan SOP yang berkaitan dengan kebencanaan. Terakhir pembekalan anti narkoba sekaligus pendirian rehabilitasi narkoba yang berbasis pada ketahanan keluarga dan budaya.

Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu mengucapkan terima kasih kepada Rektor Unhan Laksamana Madya TNI Prof Amarulla Octavian beserta civitas akademika Unhan berkenan menerima pemerintah Kabupaten Dairi dan sekaligus berkenan membangun kerjasama dalam bidang penyelenggaraan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

“Saya ingin berkaitan dengan pendidikan bisa berjalan dengan baik. Maka kerjasama ini akan kami manfaatkan dengan baik terutama untuk mewujudkan Dairi Unggul yang mensejahterakan masyarakat dalam harmoni keberagaman, dapat tercapai,” kata Dr Eddy Berutu.

Ia menambahkan dalam rangka mencapai visi Pemerintah Kabupaten Dairi merumuskan 5 misi yakni membangun kualitas sumber daya manusia yang cerdas, sehat, berbudaya dan berdaya saing. Namun perlu disampaikan 2 tahun pandemi covid 19 melanda di negeri kita saat ini dan telah banyak membawa banyak perubahan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara termasuk perubahan perilaku dan keseharian kita dalam menjalankan aktivitas sosial, ekonomi, budaya dan sektor lainnya.

Meski demikian, pemerintah Kabupaten Dairi bersama seluruh unsur masyarakat di Kabupaten Dairi tetap selalu berusaha bahu membahu melawan pandemi COVID-19 agar Rencana Strategis Pembangunan tahun 2019-2024 Pemerintah Kabupaten Dairi dalam rangka mencapai Visi Pemerintah Kabupaten Dairi yaitu mewujudkan Dairi Unggul yang mensejahterkan masyarakat dalam harmoni keberagaman, dapat tercapai.

“Untuk mencapai visi pemerintah Kabupaten Dairi, melalui misi dimaksud secara simultan terus dilakukan melalui program-program kegiatan yang dirumuskan oleh Pemerintah Kabupaten Dairi setiap tahunnya dan juga dilakukan upaya dibangunnya kerjasama dengan semua pihak baik Perguruan Tinggi seperti yang sedang kita lakukan saat ini antara Pemerintah kabupaten Dairi dan Universitas Pertahanan Republik Indonesia,” jelasnya.

Bupati juga mengajak pihak-pihak lainnya agar dapat mendukung peningkatan kualitas hidup petani dan kesejahteraan masyarakat secara umum dengan pengelolaan pertanian dan industri pertanian yang cerdas dan modern, serta mampu memberikan nilai tambah produksi pertanian dan untuk membangun kualitas sumber daya manusia yang cerdas, sehat, berbudaya dan berdaya saing Kabupaten Dairi secara umum.

“Akhir kata kami sampaikan terimakasih dan penghargaan yang tulus kepada Unhan RI berserta seluruh unsur civitas akademika Unhan yang berkenan menerima audiensi dan sekaligus melaksanakan secara bersama-sama penandatangan nota kesepahamam ini,” ujarnya.

Di akhir sambutannya, Eddy Berutu juga mengucapkan terima kasih kepada Ketua DPP Ikatan Masyarakat Pakpak Indonesia Bapak Bachtiar Revenala Ujung beserta pengurus IMAPI yang turut memberikan perhatian dalam pembangunan Kabupaten Dairi. “Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa melindungi dan memberkati kita dalam setiap tugas sehari-hari dan semoga pada masa mendatang kerjasama ini dapat berjalan dengan baik dan makin meningkat,” tukasnya.

Turut hadir dalam pertemuan pihak Unhan dihadiri Laksda Dr Suhirwan, warek 3 bidang kerjasama dan kelembagaan, Mayjen TNI Jonni M, Warek 1 bidang akademik dan kemahasiswaan Unhan, Tristan warek 4 bidang inovasi dan teknologi dan Laksma TNI Nengah Waro AKA. Kemudian Brigjen TNI Munif, Mayjen Yudhi Chandra dan Kolonel Rujito. Kemudian pihak pemerintahan Dairi yang hadir, Fatimah Boangmanalu Kadis Pendidikan Dairi, Ketua Umum IMAPI Bachtiar Revenala Ujung, Anna Martyna Sinamo Bidang SDM IMAPI, Lupri Padang Sekjen IMAPI.(ds/Hartono)

Share:
Komentar

Berita Terkini