Ny Romy Mariani Eddy Berutu Hadiri Pelantikan Pengurus PKK Se - Kecamatan Sidikalang

Editor: dailysatu author photo

dailysatu.com - Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Dairi yang juga sebagai Bunda Paud Kabupaten Dairi Ny Romy Mariani Eddy Berutu menghadiri pelantikan Ketua Tim Penggerak PKK Desa dan Pengukuhan Bunda Paud Desa Kecamatan Sidikalang pada Selasa (25/1/2022) di Aula Kantor Camat Sidikalang.

Ketua Tim Penggerak PKK Desa dan Bunda Paud Desa yang di lantik dan di kukuhkan adalah Desa Bintang, Desa Bintang Mersada, Desa Kalang dan Desa Hutarakyat.

Romy Mariani dalam sambutannya mengatakan Ketua Tim Penggerak PKK Desa harus di dukung oleh peran dari para suami yang menjabat sebagai Kepala Desa.

“Kita adalah pendamping dari kepala desa maupun lurah. Demikian sebaliknya suami harus mendukung kerja dari tim penggerak PKK,” kata Ketua Tim Penggerak PKK.

Dengan 10 program PKK, jika dilaksanakan akan sangat membantu karena PKK adalah mitra pemerintah dalam mendukung visi dan misi untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera.

“Jika sandang pangan sudah terjamin, kesehatan terjamin dan pendidikan terpenuhi makan keluarga akan sejahtera. Jika keluarga sudah mandiri secara ekonomi maka itulah kekuatan bagi masing-masing desa, kabupaten bahkan hingga kekuatan negara,” pungkas Romy Mariani.

Sementara itu,para Bunda Paud yang telah di kukuhkan, Romy Mariani mengutarakan Bunda PAUD adalah simbol dan figur yang menjadi motivator untuk bisa mensosialisasikan manfaat PAUD serta pentingnya keberadaan PAUD bagi pendidikan anak. Dijelaskan Bunda Paud Dairi, umur emas anak berada di 0-4 tahun, masa dimana anak-anak berada di PAUD sehingga perlunya anak-anak untuk ikut Pendidikan Anak Usia Dini.

“Anak-anak yang ikut PAUD akan lebih cerdas jika sudah masuk ke tingkat yang lebih tinggi.

“Oleh karena itu kita perlu menjalin komunikasi dan sosialisasi kepada pemangku kepentingan seperti tokoh agama maupun tokoh masyarakat tentang pentingnya peran PAUD di Desa, mengingat dimasa pandemi jumlah anak anak paud menurun,” ungkap Bunda Paud Romy Mariani.

Segera buat program perencanaan, minimal kami dari PKK Kabupaten akan mengunjugi 6 kali PKK Desa yang menjadi desa binaan PKK Kabupaten. PKK itu luar biasa konsepnya, namun kalau tidak kita kerjakan akan biasa saja, jika dikerjakan akan menjadi luar biasa untuk mewujudkan Dairi Unggul,” pungkas Romy Mariani.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Dairi Fatimah Boang Manalu yang hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan satuan paud bagi peserta didik harus menyenangkan dan asri sehingga para anak didik paud nyaman berada di rumah ke duanya tersebut.

Sarana dan prasarana harus diperbaiki seperti pojok baca sehingga menyenangkan bagi anak-anak kita.

Fatimah Boang Manalu mengatakan, Dapodik di harapkan harus terus diupdate oleh lembaga paud yang di pimpin di desa.

Dapodik tersebut dikatakan Kepala Dinas kepada para bunda paud, bahwa Dapodik wajib diserahkan kepada penyelenggara, harus di update dari tahun ke tahun.

“Kitalah sebagai motivator agar masyarakat peduli terhadap pendidikan anak usia dini. Mari kita anggap anak-anak yang ada di desa menjadi anak kita sendiri sehingga tercipta penanganan yang komprehensif,"tandasnya.(ds/Hartono)

Share:
Komentar

Berita Terkini