Duh!! Gara-Gara Tak 'bayar' Utang Sosialiasasi ke Camat, Dana Desa Huta Lambung Tahap II dan III Tak Cair

Editor: romi syah author photo


dailysatu.com- Diduga gegara tak  'bayar' utang uang Sosialisasi Dana Desa dan Alokasi Dana Desa Tahun 2021 kepada Camat Batang Onang, Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) membuat Dana Desa Huta Lambung tahap II dan III tidak bisa dicairkan.


Akibatnya, di tahun 2021, Bantuan Langsung Tunai (BLT) untuk masyarakat di Desa Huta Lambung tidak dapat disalurkan. Sehingga, masyarakat di desa itu pun  menjadi 'ribut' dan mengeluhkannya.


Karena menurut mereka tahun anggaran sudah lewat dana tersebut seharusnya udah di cairkan kepada mereka. Namun tahun 2021 sudah lewat hingga sekarang belum ada.


dailysatu.com, Rabu 26 Januari 2022 mencoba melakukan komfirmasi secara langsung kepada Kepala Desa Huta Lambung Rajudin Hasibuan, serta beberapa orang perangkat di desa tersebut.


Menurut pengakuan Kepala Desa  bahwa dana desa Huta Lambung untuk tahap ll dan lll tidak cair gara gara utang sosialisasi.


"Padahal saya sudah mengajukan permohonan kepada camat pak, namun Kasi Pembangunan mengatakan kalau camat tidak mau meneken permohonan kami itu kalo utang sosialisasi kami itu belum di bayar pak,"ujarnya.


Disebutkan, pihaknya bukannya tidak mau membayar, hanya saja belum ada uang. 


" Sudah ada meminta tolong kepada Kasi pembangunan bahwasanya setelah cair nanti tahap ll dan lll baru akan dibayar. Ini belum ada uang dari mana saya membayarkan, meminjam uang pun awak tak ada yang ngasih" sebutnya kecewa.


Sementara Camat Batang Onang ,  Sofyan Arifin Hasibuan yang dikonfirmasi menyebutkan tidak cairnya Dana Desa tahap II dan III Desa Huta Lambung akibat tidak adanya laporan dari pihak Desa dalam hal ini Kepala Desa Huta Lambung.


"Gak ada dia (Kades) buat laporannya,"ujarnya yang kemudian mengatakan bahwa LPD-nya Kades tak jelas "nanti ku teken di penjara aku" sebut camat.(ds/MALIK)

Share:
Komentar

Berita Terkini