Dandim 0206/Dairi Sosialisasikan SMA Tarunan Kepada Pelajar Yang Berprestasi

Editor: dailysatu author photo

dailysatu.com - 
Dalam rangka membantu mencerdaskan kehidupan bangsa khususnya para pelajar di Kabupaten Dairi dan Kabupaten Pakpak Bharat, Kodim 0206/Dairi melakukan beberapa upaya nyata.

Hari ini, Dandim 0206/Dairi Letkol Arm Adietya Yuni Nurtono menyelenggarakan pengarahan kepada siswa dan siswi berprestasi di SMP N 1 Sidikalang.

Mengawali arahannya, Dandim memperkenalkan diri dan menceritakan berbagai pengalamannya dihadapan guru dan siswa selama menjadi TNI.

“Saya dulu melihat orang bercerita, mendengar cerita, dari situlah saya termotivasi mempunya keinginan dan cita – cita untuk menjadi tentara. hal itu sama dengan yang saya lakukan hari ini, mana tau adik – adik menjadi termotivasi dari apa yang saya ceritakan”, kata Dandim.

Banyak pilihan dalam menggapai cita – cita.

“Setiap orang mempunya cita – cita, yang saya ceritakan saat ini bukan untuk memacu adik – adik sekalian untuk berkeinginan menjadi tentara, tetapi memacu adik adik agar memiliki cita – cita sesuai dengan yang di inginkan," tambahnya.



Dandim menyampaikan beberapa hal terkait motivasi belajar dan semangat juang para pelajar. Dikatakan Setiap pelajar harus memiliki cita – cita tinggi yang akan diraih serta harus memiliki kemauan dan tekad yang kuat untuk meraihnya.

“Dilandasi keyakinan bahwa “bisa” meraihnya maka akan timbul kemauan dan kemampuan untuk meraihnya. Raihlah cita – cita setinggi – tingginya,"ucapnya memberi motivasi.

Dandim mengatakan bahwa dalam hidup kita harus punya cita – cita agar hidup punya tujuan.

“Dalam hidup ini adik – adik lah yang menentukan pilihan kemana arah hidup kelak, jadi semua tergantung diri kita sendiri dalam menentukan pilihan,"ucapnya lagi.

Untuk memacu semangat para pelajar dan menambah seru jalannya acara tersebut, dalam acara itu Dandim memberikan kuis berhadiah kepada siswa yang mampu menjawab pertanyaan yang di berikan.

“Jangan Takut salah, dengan berani menjawab meski tidak benar adik – adik sekalian sudah termasuk orang yang hebat, saya apresiasi keberanian adik – adik semua," ucapnya bangga.

Dandim berharap anak – anak di Dairi menjadi anak yang sukses, berhasil dan mampu mengharumkan nama baik negara.

“Saya memang bukan anak Dairi tapi saya ingin anak Dairi ini bisa menjadi anak - anak yang membanggakan”, harapnya.

Dalam kesempatan itu, Dandim juga memperkenalkan beberapa sekolah unggulan yang ada di Indonesia pada umumnya dan SMA Taruna Nusantara pada khususnya. Beliau juga menjelaskan persyaratan pendaftaran, fasilitas sekolah, sistem belajar dan keberadaan alumni sekolah tersebut kepada siswa.

Diharapkan, dengan semakin banyak pelajar berprestasi dari Kabupaten Dairi yang masuk ke sekolah – sekolah unggulan di seluruh Indonesia, maka akan meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Dairi.

Selama bertugas di Dairi Adietya sudah kerap melaksanakan kegiatan untuk membantu mencerdaskan pendidikan, diantaranya pada 20 Januari 2021 di Aula Kodim 0206/Dairi dan Bulan Oktober 2021 lalu dilaksanakan lomba cerdas cermat virtual yang diikuti oleh seluruh SMP yang ada di Kabupaten Dairi dan Kabupaten Pakpak Bharat.

Sebelum mengakhiri arahannya, Dandim menyempatkan diri menyampaikan salam perpisahan kepada siswa, guru dan seluruh masyarakat Dairi. Dikarenakan masa tugasnya akan berakhir dan selanjutnya kembali kejakarta ditempat baru beliau akan mengemban tugas.(ds/Hartono)

Share:
Komentar

Berita Terkini