Warga Keluhkan Perbaikan Sungai Sulang Saling di Reses Hendra DS

Editor: dicky irawan author photo
Reses Hendra DS di Lapangan SSB Patriot, Jalan Air Bersih Ujung, Medan, Sabtu (18/12/2021). (Foto: dailysatu.com)


dailysatu.om- Permasalahan banjir masih menjadi momok bagi sebagian warga Kota Medan. Tak heran bila warga selalu menyampaikan aspirasi terkait banjir di saat reses anggota DPRD Kota Medan.

Seperti Ibu Siagian (65). Warga Kecamatan Medan Denai ini mengaku sedikitnya sudah 3 kali menyampaikan aspirasinya di saat reses anggota DPRD Kota Medan terkait masalah banjir yang disebabkan sungai sulang saling yang telah lama tak dikeruk.

"Saya sudah agak capek menyampaikan keluh kesah saya ini. Kami minta tolong, seribu kali minta tolong agar sungai sulang saling dekat rumah saya itu dikeruk. Mudah- mudahan pejabat di atas itu membuka hatinya," katanya saat Reses Masa Sidang I Tahun Sidang Ketiga Tahun Anggaran 2021 yang digelar Hendra DS di Lapangan SSB Patriot, Jalan Air Bersih Ujung, Kelurahan Sidorejo I, Kecamatan Medan Kota, Sabtu (18/12/2021).

Menurutnya, sejak tahun 2017 hingga saat ini sungai sulang saling itu tak mampu lagi menampung air bila hujan deras dan kerap menyebabkan banjir. "Padahal, saya sudah puluhan tahun tinggal di kawasan itu. Tapi baru 5 tahun terakhir ini banjir. Kami mohonlah dikeruk agar kami bisa tidur nyenyak," ujarnya.

Soalnya, bila hujan deras, Ibu Siagian mengaku jantungya selalu berdebar, takut rumahnya kebanjiran lagi. "Orang lain tidur, kami gak bisa tidur pak. Padahal, sungau sulang saling itu kebanyakan bawa air dari Medan Kota, tapi kami yang di Medan Denai terkena dampaknya," pungkasnya.

Menanggapi hal itu, Samuel mewakili Dinas PUPR Kota Medan mengatakan bahwa pihaknya sudah membahas hal itu dengan konsultan dari Universitas Sumatera Utara (USU).

"Aliran air sungai sulang saling yang berbatasan antara Kelurahan Binjai dan Denai itu terkendala karena sungai sulang saling yang mengarah ke Jalan Bromo tidak aktif," paparnya.

Sebagai solusinya, Samuel menambahkan Dinas PUPR Kota Medan akan membangun parit baru dengan lebar 2,5 meter. "Rencananya, akan dibangun satu sisi parit lagi di Menteng Raya dan itu hasil konsultasi kami ke Konsiltan USU," jelasnya.

Sementara itu, Anggota DPRD Kota Medan dari Dapil I, Hendra DS akan kembali mengingatkan Pemerintah Kota (Pemko) Medan untuk mengatasi masalah itu.

Apalagi, Pemko Medan bersama DPRD Kota Medan telah menetapkan anggaran Dinas PUPR Kota Medan lebih dari Rp 1 triliun di tahun 2022. Anggaran itu memang difokuskan untuk perbaikan infrastruktur dan drainase perkotaan.

"Tapi, sebenarnya sungai sulang saling itu pernah mau dikeruk. Sayangnya, alat berat tak bisa masuk kesitu. Paling tidak, nanti akan saya ingatkan kembali Walikota Medan saat rapat paripurna untuk menyelesaikan masalah itu," paparnya. (DS/ Dik)


Share:
Komentar

Berita Terkini