SOL Serahkan Bantuan Ke Peternak Lebah Madu di Taput

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo

Keterangan Foto: Melva Samosir dan Industan Sitompul dari SOL menyerahkan bantuan kotak lebah madu kepada anggota dampingan.
dailysatu.com - Sarulla Operations Limited (SOL), selaku manajemen Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Sarulla di Kabupaten Tapanuli Utara, melaksanakan program pengembangan lebah madu dengan melakukan pendampingan kepada 11 orang warga Desa yang sudah berpengalaman dalam kegiatan pengambilan madu liar dari hutan secara konvensional dan memiliki keseriusan untuk melaksanakan pengembangan lebah madu dibawah pendampingan SOL. 

Melva Samosir selaku CSR & External Relations Manager, bersama Industan Sitompul selaku External Relations Advisor SOL, Senin (27/12/2021), kepada wartawan menjelaskan sebagai realisasi program CSR yang berkelanjutan juga selaras dengan pilar agrikultural dan mata pencaharian, SOL merangkul masyarakat yang berada paling dekat dengan area operasional pembangkit untuk menjaga kelestarian hutan melalui pelaksanaan kegiatan penanaman hutan (reboisasi) dengan komoditi yang hasilnya dapat dirasakan oleh masyarakat, seperti pemberian bibit tanaman keras (buah-buahan) dan pengembangan lebah madu hutan. 

Pendampingan dan pembinaan dalam pengembangan lebah madu dilakukan melalui tahapan dan proses. Dimana dalam pelaksanaannya dibantu oleh praktisi lebah madu yang sudah berpengalaman, yaitu Bapak Simorangkir, yang memiliki usaha pengembangan lebah madu di Hutanamora, Kecamatan Siatas Barita, Taput.

Dikatakan Industan Sitompul, sebagai rangkaian program pendampingan dan pembinaan pengembangan lebah madu tersebut, pada 21 Desember 2021 SOL menyerahkan bantuan berupa, topi pelindung sengat lebah sebanyak 11 unit, baju anti sengat lebah sebanyak 11 unit, safety boot sebanyak 11 pasang, kotak lebah berisi ratu lebah sebanyak 11 unit yang dilengkapi dengan total 88 frame, dan kotak lebah kosong sebanyak 44 unit yang dilengkapi dengan total 352 frame. Bantuan tersebut diserahkan kepada 11 peserta program ini. Penyerahan dilakukan di Dusun Hutajulu, Desa Simataniari, Kecamatan Pahae Julu, Taput. 

"Bantuan ini diberikan berdasarkan tahapan dan proses yang sudah dilaksanakan oleh setiap anggota dampingan, seperti penilaian/assessment, penetapan komitmen, persiapan lahan/ lokasi, serta pelatihan tentang pengembangan lebah madu. 11 peternak yang mendapatkan pendampingan tersebut berasal dari 3 Desa paling dekat dengan lokasi operasional SOL, yaitu Desa Simataniari, Lumban Jaean, dan Sibaganding di Kecamatan Pahae Julu, Taput," ungkap Industan Sitompul. 

SOL berharap selain menjaga hutan agar tetap lestari, kegiatan ini dapat menjadi sumber mata pencaharian tambahan kepada 11 anggota dampingan yang dibantu. (ds/Bisnur Sitompul) 

Share:
Komentar

Berita Terkini