Permudah Pelayanan Untuk Masyarakat, Mal Pelayan Publik Akan Dibangun di Humbahas

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo

Teks foto :Desain MPP
dailysatu.com - Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) tetap bersinergi memberikan yang terbaik dalam pelayanan untuk masyarakat dan demi kemajuan daerah tersebut. Salah satunya adalah Pembangunan Mal Pelayanan Publik (MPP) yang akan dibangun di Kabupaten Humbahas Sumatera Utara (Sumut) Tahun 2022.

Bangunan MPP ini direncanakan dibagun di Jalan Sisingamangaraja bekas Kantor Camat Doloksanggul, yang akan di desain dengan langgam arsitektur etnik modern yang dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang representative, dengan fasilitas sarana parkir untuk pengunjung dan bus bandara, pelabuhan dan pariwisata, lobby dan coustumer service, tempat dan mesin antrian, ruang tunggu tempat multimedia gerai/counter layanan, fasilitas dan layanan difabel, ruang balai nikah, ruang laktasi, ruang kantin, ruang baca dan digital library, ruang bermain anak, ATM center dan jaringan internet, serta ruang kantor dan ruang rapat untuk Mal pelayaban publik. Pembangunan MPP yang bersumber dari dana APBD tersebut direncanakan dibangun awal tahun 2022 dengan biaya 7.999.996.700 dan saat ini sudah dalam proses tender.

Kepada media, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Perkim) Anggiat Simanullang, melalui Seksi Pembangunan Infrastruktur Dan Utilitas Kawasan Permukiman Samuel Hendra Butar butar (Rabu 22 Desember 2021) mengatakan, bahwa dengan dibangunnya MPP tersebut akan mempermudah pelayanan publik bagi masyarakat Humbang Hasundutan.

"Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan akan melaksanakan pelayanan publik melalui MPP ini dengan tujuan untuk mengintegrasikan berbagai jenis pelayanan publik dari pemerintah pusat, pemerintah daerah maupun pihak swasta. Dan ini juga merupakan komitmen pemerintah kita memperbaiki kualitas pelayanan. Bangunan MPP ini juga akan dijadikan sebagai pusat informasi dan  pelayanan investasi serta menjadi pusat informasi dan pelayanan pariwisata di Habupaten Humbahas dan kawasan Danau Toba sebagai super prioritas pariwisata nasional," ucap samuel di Ruang Kerjanya, Rabu (22/12/2021). 

Ditambahkan Samuel, instansi yang direncanakan akan bergabung pada MPP ini antara lain, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Penanaman Modal dan PTSP, Dinas PKP, Dinas PUPR, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Kesehatan, Dinas Ketenagakerjaan, Dinas Perhubungan, Badan Pengelolaan Keuangan Pendapatan dan Aset Daerah, UPT SPAM, Samsat, BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, BPN, Kantor Urusan Agama, Imigrasi, Perpajakan, Perbankan, Telkom, PLN dan instansi pelayanan publik lainnya. 

"Untuk penyelenggaraan pelayanan publik akan menerapkan konsep pelayanan publik yang profesional, artinya pelayanan publik yang dicirikan oleh adanya akuntabilitas dan responsibilitas dari pemberi layanan sesuai dengan standar pelayanan dengan ciri yang efektif, sederhana, kejelasan dan kepastian, keterbukaan dan efisiensi, tepat waktu. Dan ini menjadi jawaban atas komitmen Pemerintah Kabupaten humbahas dalam penyederhanaan birokrasi pelayanan kemudahan pelayanan tercapai dan daya saing akan meningkatkan kemudahan berusaha  dan hingga meningkatkan investasi dan pertumbuhan ekonomi masyarakat Humbahas secara khusus dan Nasional," Jelasnya.

Sebagaimana diketahui, pembangunan pelayanan pubik ini berbedoman sesuai dengan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja, dan Peraturan Presiden Nomor 89 Tahun 2121 tentang Penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik dan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 23 Tahaun 2017 tentang Pelayanan Mal Pelayanan Publik. 

"Kita sudah study ke Sragen, Salatiga, dan Surakarta mereka sudah menerapkan itu. Dan kita sudah melihat langsung bagaimana sistem dan penerapannya, maka kita membuat desain khas Rumah Batak dan ini nantinya menjadi salah satu kantor ikon Humbang Hasundutan. Nanti kita  menjadi yang pertama di Sumatera Utara yang membangun Mal Pelayanan Publik," Ujarnya. (Carlos)

Share:
Komentar

Berita Terkini