Anggaran DKP 2022 Dinilai Cukup Bereskan Masalah Sampah di Medan

Dibaca:
Editor: dicky irawan author photo


Dailysatu.com- Anggota Komisi IV DPRD Kota Medan, Hendra DS menilai anggaran lebih dari Rp 496 milyar di Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Medan dinilai cukup untuk membereskan masalah sampah di Medan. 

"Anggarannya sudah disahkan, sebesar Rp 496 milyar lebih tahun ini di DKP Kota Medan. Saya rasa cukuplah sebagiannya digunakan untuk membereskan masalah sampah," paparnya, Sabtu (4/12/2021).

Dari anggaran itu, Hendra DS menambahkan nantinya DKP Kota Medan akan menambah 10 unit truk sampah lagi yang akan beroperasi di kelurahan dan kecamatan. Selain itu, DKP Kota Medan juga akan menambah becak- becak pengangkut sampah.

"Becak- becak inilah nantinya yang akan mengutip sampah dari rumah- rumah warga yang berada di dalam gang sempit," ujarnya.

Menurut Hendra DS, masalah sampah merupakan masalah klasik yang belum bisa juga dituntaskan secara keseluruhan. Untuk itu, dibutuhkan kerja keras dinas terkait dan kesadaran yang tinggi dari masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungannya masing- masing.

"Seperti membuang sampah. Saya rasa perlu diatur jadwalnya, jam berapa warga bisa meletakkan sampahnya di depan rumah agar bisa dikutip petugas kebersihan dari kecamatan," paparnya.

Di sisi lain, Hendra DS menambahkan saat ini sampah bisa dijadikan uang di bank sampah. Apalagi di saat pandemi seperti ini, hal itu akan sangat membantu perekonomian warga.

"Kalau bisa dijadikan uang, untuk apa kita buang. Apalagi, sampah- sampah itu bisa dipilah, mana sampah organik dan mana sampah unorganic yang bisa ditukarkan menjadi uang di bank sampah," ujarnya.

Atas dasar itu, Hendra DS meminta agar setiap lingkungan memiliki bank sampah dan pihak kelurahan dan kecamatan lah yang bertanggungjawab memberikan sosialisasi terkait pembentukan bank sampah dan cara mengelola sampah itu. (DS/ Dik)

Share:
Komentar

Berita Terkini