Walikota Gunungsitoli Komandoi Penertiban Pasar Luaha

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo

dailysatu.com - Walikota Gunungsitoli, Sumatera Utara, Ir. Lakhomizaro Zebua, memimpin penertiban pedagang di Pasar Tradisional Luaha, Kamis (11/11/2021).

Kedatangan Walikota di Jalan Taman Ya'ahowu, Kelurahan Pasar, Kecamatan Gunungsitoli, itu didampingi Asisten l, Kadis PUPR, Kadis Perdagangan dan Perindustrian, Kasatpol-PP, serta Camat Gunungsitoli.

Kepada wartawan, Kadis Perdagangan dan Perindustrian Kota Gunungsitoli, Yurisman Telaumbanua, menerangkan bila penertiban dilakukan terhadap pedagang yang melanggar ketertiban umum.

"Banyak pedagang nakal tidak patuh ketentuan dengan mendirikan bangunan tempat berjualannya diatas parit dan trotoar dan jalan. Bangunan tersebut yang ditertibkan hari ini", kata Yurisman.

Selain itu, Yurisman mengungkapkan bahwa banyak juga diantara pedagang yang tidak membayar retribusi meski telah dipanggil ke kantor Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Gunungsitoli.

"Sesuai petunjuk pak Walikota, pedagang yang tidak patuh tidak membayar retribusi serta kembali mendirikan bangunannya dikeluarkan dari kawasan Pasar Luaha", tandas Yurisman.

Ditempat yang sama, Kasatpol-PP Gunungsitoli, Eko Ariyanto Zebua, menegaskan pihaknya akan terus melakukan penertiban terhadap pedagang yang membandel.

"Saya sudah perintahkan Kabid Trantibum untuk memantau kepatuhan pedagang setelah penertiban hari ini. Jika terus melanggar, akan dikeluarkan dari kawasan Pasar Luaha", ujar Eko. (ds/Ris)

Share:
Komentar

Berita Terkini