Seratusan Pedagang Pasar Luaha Gunungsitoli di Gusur

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo

dailysatu.com - Pemerintah Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara, menggusur seratusan pedagang Pasar Luaha, Kecamatan Gunungsitoli, Jumat (12/11/2021).

Penggusuran ditengarai banyaknya pedagang tidak membayar retribusi sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) Kota Gunungsitoli tentang Jasa Umum.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Gunungsitoli, Yurisman Telaumbanua S.Sos, M.Ec.Dev, menyebut bahwa dari seratusan pedagang hanya delapan tercatat resmi dan membayar retribusi.

"Selama ini mereka menggunakan bangunan dan lahan milik pemerintah sebagai tempat berjualan, namun tidak membayar retribusi. Dari itu dilakukan penggusuran", kata Yurisman.

Meski demikian, Yurisman menjelaskan jika ada diantara pedagang berkeinginan berjualan Pemerintah Kota Gunungsitoli sudah menyediakan tempat yang layak.

"Pedagang ikan diarahkan ke Pasar Nou, sedangkan pedagang sayur dan buah-buahan ke Pasar Soliga. Mereka dapat mendaftar melalui Dinas Perdagangan", ujar Yurisman.

Kasatpol-PP Kota Gunungsitoli, Eko Ariyanto Zebua S.Kom, M.Si, menerangkan pihaknya masih memberi kesempatan bagi pedagang untuk membongkar bangunannya sendiri.

"Senin pekan depan seluruh pedagang tidak diperbolehkan berjualan di kawasan ini. Kalau masih ada juga, kami keluarkan secara paksa", tegas Eko. (ds/Ris)

Share:
Komentar

Berita Terkini