Polres Taput Turunkan 344 Personil Amankan Pilkades Serentak

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo

dailysatu.com - Sebanyak 344 orang Personil Polres Tapanuli Utara diturunkan untuk pengamanan Pemilihan Kepala Desa serentak di 200 Desa yang ikut melaksanakan Pilkades di Kabaputen Taput pada 23 November 2021. 

Dari 241 Desa di Taput, tahun ini sebanyak 200 Desa melaksanakan Pilkades serentak yang tersebar di 400 TPS. Sedangkan jumlah calon Kepala Desa sebagai kontestan di 200 Desa tersebut sebanyak 544 orang calon. 

Kapolres Taput AKBP Ronald Sipayung SH. SIK. MH, Kamis (18/11/221), kepada wartawan saat melaksanakan Tactical Floor Game (TFG), di Mapolres Taput, mengatakan telah mempersiapkan 344 personil untuk pengamanan Pilkades. 

"Personil ini merupakan anggota kita sendiri, ditambah BKO dari Brimob Polda 30 Personil dan Personil Polda 30 personil," ujar AKBP Ronald Sipayung. 

Kapolres Taput menjelaskan, uraian tugas dari 341 orang personil ini, yang terlibat langsung PAM TPS sebanyak 204 personil. Sedangkan sisanya sebagai Pamatwil, Satgas PAM Pilkades, Dalmas dan standby. Pola pengamanan diatur dengan tiga pola, yaitu kurang rawan, rawan dan sangat rawan. 

Dari tiga pola tersebut, status kurang rawan ada 126 Desa, rawan 59 Desa dan sangat rawan 15 Desa. Di Desa yang kurang rawan ditempatkan 1 personil per Desa, untuk yang rawan 1 personil per TPS, dan sangat rawan ada 2 personil di satu TPS. 

"Pembagian rawan, kurang rawan dan sangat rawan ini juga ada klasifikasinya. Artinya, penerapan ketiga pola ini ada dari suhu politik di Desa dan ada juga dari letak grografis. TFG ini merupakan season penting, karena simulasi pergerakan anggota apabila nantinya ada gangguan dan hambatan dalam Pilkades," imbuhnya. 

Pelaksanaan TFG juga diikuti oleh Forkopimda dan dihadiri Bupati Taput Drs Nikson Nababan MSi, mewakili Dandim 0210/TU Kapten CTP S Situmorang, Kadis PMD Doni Simamora dan sejumlah OPD. 

Selain pengamanan Pilkades, personil di lapangan tetap berperan aktif untuk pengawasan protokol kesehatan saat proses pemungutan suara. 

Kapolres berharap kepada seluruh masyarakat Taput, khususnya yang melaksanakan Pilkades untuk tetap menjaga keamanan dan ketertiban selama Pilkades berlangsung. Mengimbau masyarakat tetap mematuhi prokes. (ds/Bisnur Sitompul)

Share:
Komentar

Berita Terkini