Pasca Digusur, Pedagang Pasar Luaha Gunungsitoli Direlokasi

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo

dailysatu.com - Setelah digusur, Dinas Perdagangan Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara, merelokasi pedagang Pasar Luaha ke dua kawasan berbeda.

Adapun dua kawasan sebagai tempat relokasi yakni Pasar Soliga di Jalan Mawar dan Pasar Modern Nou di Jalan Sudirman, Kecamatan Gunungsitoli.

Namun demikian, ada persyaratan yang harus dipenuhi pedagang untuk mendapatkan kios dan los di dua pasar tersebut.

Demikian disampaikan Sekretaris Dinas Perdagangan Kota Gunungsitoli, Ilham Zebua ST, melalui sambungan telephone selular, Minggu (14/11/2021).

Ilham mengatakan, persyaratan sebagai bentuk pendataan pedagang yang akan memasuki kawasan Pasar Soliga dan Pasar Modern Nou.

"Sebagian besar pedagang di Pasar Luaha tidak terdaftar pada Dinas Perdagangan Kota Gunungsitoli. Jadi mereka harus memenuhi persyaratan yang diberikan", ujar Ilham.

Adapun persyaratan itu, lanjut Ilham, seperti menyerahkan fotocopy KTP, KK, phasfoto bewarna, dan mengisi formulir pendaftaran serta pernyataan bermaterai.

"Untuk mendaftar, pedagang diminta mendatangi kantor Dinas Perdagangan Kota Gunungsitoli mulai besok dengan membawa persyaratan yang ditentukan", kata Ilham.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Gunungsitoli melakukan penggusuran terhadap seratusan pedagang di Pasar Luaha, Jumat (12/11/2021).

Penggusuran ditenggarai banyaknya pedagang tidak membayar retribusi jasa umum meski telah menggunakan fasilitas dan lahan milik Pemerintah Kota Gunungsitoli.

Setelah di gusur, pedagang sayur dan buah-buahan direlokasi ke Pasar Soliga. Sementara khusus pedagang ikan ke Pasar Modern Nou. (ds/Ris)

Share:
Komentar

Berita Terkini