Melalui Raker DPRD Medan, Hasyim Bangkitkan Kolaborasi Wujudkan Medan Berkah

Dibaca:
Editor: dicky irawan author photo


Dailysatu.com- Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Medan, Hasyim SE mengajak seluruh anggota dewan dan Pemko Medan agar bangkit bersinergi dalam kolaborasi guna terwujudnya Kota Medan yang berkah, maju dan kondusif. Memaksimalkan tufoksi dewan sebagai legislasi, anggaran dan pengawasan. 

Hal itu disampaikan Hasyim SE saat pembukaan rapat kerja (Raker) di Grand Mutiara Berastagi Kabupaten Tanah Karo, Minggu, (7/11/2021). Raker yang akan digelar Minggu sampai Selasa (7-8-9/11/2021) diikuti 50 anggota DPRD Medan dengan  membawa thema "Bangkit bersinergi dalam kolaborasi mewujudkan Kota Medan yang berkah, maju dan kondusif” dan secara resmi dibuka Walikota Medan M Bobby Afif Nasution.

Diketahui, pelaksanaan Raker guna membahas rencana kerja dewan di Tahun 2022 mendatang sehingga lebih memaksimalkan tufoksi sebagai fungsi legislasi, anggaran dan pengawasan.

Hasyim menjelaskan, Raker bukan hanya rutinitas tahunan belaka, tapi akan berfokus pada upaya merumuskan berbagai langkah strategi untuk bangkit dari dampak pandemi Covid 19 yang telah dilalui bersama selama hampir dua tahun. 

Raker juga diharapkan menjadi sarana untuk memperkuat koordinasi dan sinergi antara DPRD Kota Medan dengan Pemko Medan dalam perencanaan pembangunan, penganggaran dan pengawasannya. 

Hasyim SE menjelaskan selain membahas rencana kerja Tahun 2022, Raker juga akan mengoptimalisasi tugas dan fungsi DPRD serta hal hal lain yang dianggap perlu program kerja tahun mendatang.

Terlebih lagi, tahun 2021 merupakan pemulihan ekonomi nasional sekaligus upaya untuk bangkit bersama dari pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid 19).

"Sebagaimana kita ketahui, gelombang pandemi sudah menghantam sendi perekonomian hampir di seluruh dunia. Banyak pelaku usaha yang gulung tikar dan tidak sedikit karyawan yang terpaksa dirumahkan. Banyak pula perkantoran yang memberlakukan sistem kerja work from home. Namun demikian, kita patut bersyukur kepada Tuhan Yang Kuasa, karena pandemi mulai melandai, " papar Hasyim.

Hasyim pun mengajak masyarakat, khususnya di Kota Medan, agar tetap waspada dengan tetap mematuhi protokol kesehatan (Prokes), menerapkan pola hidup sehat serta mengikuti vaksinasi guna melindungi segenap warga dari penyebaran wabah Covid 19.

Serta berharap agar PPKM semakin turun level sehingga aktivitas ekonomi semakin menggeliat. Maka saatnya untuk perbaikan dan pemulihan ekonomi.

"Kita sangat berharap Kota Medan mampu bangkit berbenah melaksanakan pembangunan di berbagai bidang," paparnya. 

Sementara itu Walikota Medan, Bobby Afif Nasution mengatakan agar ke depannya kolaborasi Pemko Medan dan DPRD Medan semakin meningkat guna capaian peningkatan pembangunan di Kota Medan. 

Bobby Nasution mengharapkan DPRD Medan dapat membantu mengajak masyarakat kostituen masing masing menjalankan visi misi 5 program prioritas pembangunan dan 2 program penunjang menuju Kota Medan berkah dan kondusif. 

Sementara itu Ketua Pelaksana Raker yang juga Plt Sekwan DPRD Medan, Hj Alida SH menyampaikan penyelenggaraan Rapat Kerja DPRD Kota Medan Tahun 2021 ini dilaksanakan atas dasar Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Tujuan dilaksanakannya Rapat Kerja DPRD Untuk menghasilkan kesepakatan Rencana Kinerja DPRD Kota Medan Tahun 2022, untuk disampaikan kepada Sekretariat DPRD dan dilakukan penyelarasan dengan anggaran.

Turut hadir selaku nara sumber Ditjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri Mukjizat S.Sos, Ditjen Otonomi Daerah Kemendagri Dr Rozi Benni, BPK RI Iwan Iswanto. 

Selain itu,  juga hadir Kepala BPKAD Pemko Medan Zulkarnaen Lubis, Kepala Bappeda Pemko Medan, Benni Iskandar. Juga hadir Plt Setwan DPRD Medan Hj Alida, Kabag Umum DPRD Medan M Ali Sipahutar, Kabag Keuangan Erisda Hutasoit. (DS/ Dik)

Share:
Komentar

Berita Terkini