Langgar Perda, Kios Pedagang di Jalan Ahmad Yani Gunungsitoli Ditertibkan

Dibaca:
Editor: Romi Syah author photo


dailysatu.com - Dinilai melanggar Perda Bangunan Gedung, belasan kios milik pedagang di Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara, ditertibkan, Kamis (11/11/2021).


Tidak tanggung-tanggung, penertiban kios di Jalan Ahmad Yani, Kelurahan Pasar, Kecamatan Gunungsitoli, tersebut melibatkan satu unit excavator.


Asisten l Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kota Gunungsitoli, Drs. Arham Dusky Hia M.Si, menyebut bahwa penertiban bertujuan menata kawasan pusat kota.


"Banyak pedagang mendirikan kiosnya hingga badan jalan. Sesuai Perda Bangunan Gedung, tidak diperbolehkan ada bangunan sepanjang 3,5 Meter dari as jalan", kata Arham saat ditemui wartawan.


Arham menerangkan, penertiban itu melibatkan tim gabungan dari Dinas PUPR, Dinas Perukim, Dinas Perhubungan, Dinas Perdagangan, dan Satpol-PP Kota Gunungsitoli.


"Tadi masih diberikan kesempatan bagi pedagang membongkar bangunannya secara mandiri. Jika besok masih ada, maka excavator yang merobohkan", ujar Arham.


Arham menjelaskan, pelanggaran yang dilakukan pedagang yakni dengan mendirikan atap dan membangun selasar kios sampai memakan badan jalan.


"Mulai besok, tidak boleh ada atap kios menjulang ke badan jalan. Pedagang harus tertib, jangan melanggar ketentuan dan peraturan yang berlaku", tandas Arham. (ds/Ris)

Share:
Komentar

Berita Terkini