Ketua Gema Sicike Cike Tampak Kudadiri SKM Sah Dilantik

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo

dailysatu.com - Ketua  Sulang Silima Sipitu Marga Ir Tumpu Capah M.Si secara resmi melantik Tampak Kudadiri SKM sebagai Ketua DPP Generasi Muda (Gema) Sicike-Cike Kabupaten Dairi periode 2021-2024 beserta Sekretaris Anjas Ujung SH dan Bendahara  Rahmatsyah Angkat. 

Selain melantik Ketua, Sekretaris dan Bendahara, sejumlah pengurus juga ikut dilantik pada, Kamis (14/10/2021) yang dilaksanakan di Gedung Nasional Djauli Manik Jalan Sisingamangaraja, Kecamatan Sidikalang, Kamis (14/10/2021) siang.

Acara pelantikan yang berlangsung dengan tetap mematuhi protokol kesehatan (Prokes) dihadiri, Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu, Ketua DPRD Dairi Sabam Sibarani, Ketua PB LKP Raja Umar Ujung, Kodim 0206/Sidikalang mewakili Kapten Inf Samidin,  Kapolres Dairi di wakili kasat bimas AKP Ian Ujung Kapolsek Sidikalang Iptu Sukanto Berutu SH, Ketua KNPI Dairi Alfiansyah Ujung, Perwakilan OKP dan Ormas se-Kabupaten Dairi.

Usai dilantik Tampak Kudadiri SKM menyatakan pernyataan sikap yakni

1 Bahwa Gema Sicike-cike akan senantiasa ikut serta menjaga Lebbu Tanoh Pakpak Bumi Sulang Silima.

2.Akan menjaga, memelihara serta melestarikan adat dan budaya PakPak.

3.Menjaga dan melestarikan warisan leluhur Danau Sicike-Cike yang merupakan asal usul Tanoh Leluhur Sipitu Marga Ujung, Angkat, Bintang, Capah, Kudadiri, Gajah Manik dan Sinamo.

4.Siap mengawal, menegakkan  serta membela 

marwah dan kehormatan suku Pakpak, serta  Marwah dan kehormatan warga Sipitu Marga secara khusus.

5.Mendorong dan mendukung  tokoh masyarakat Pakpak , secara khusus tokoh Sipitu Marga untuk dilibatkan dalam lembaga pemerintahan baik eksekutif maupun legislatifu.

6.Bahwa kami mendukung program pemerintah Kabupaten Dairi menuju Dairi yang lebih baik, maju dan sejahtera, yaitu Dairi unggul.

7. Berkomitmen akan menjaga dan mengawal tokoh Pakpak terbaik yang mendapat kepercayaan  sebagai bagian pimpinan dan pejabat di Dairi, terlebih Pakpak lainnya. Baik di legislatif maupun eksekutif dan yudikatif sepanjang berorentasi pada kepentingan dan  kesejahteraan masyarakat banyak.

8.Merekomendasikan pembangunan Tugu Sipitu Marga di lokasi kawasan wisata alam Danau Sicike-Cike.

9.Merekomendasikan pemberian nama jalan yang diambil dari unsur Sipitu Marga, seperti Jalan Ujung, Jalan Angkat, Jalan Bintang di wilayah kota Sidikalang sekitarnya. Jalan Capah di wilayah  Desa Bangun dan Lae Hole. Jalan Kudadiri di wilayah Kecamatan Sitinjo. Jalan Gajah Manik  wilayah Desa Sungai Raya, Jalan Sinamo di wilayah Pakpak Bharat. Disamping Silima Suak, Jalan Keppas, Jalan Simsim, Jalan Kelasen,  Jalan Pegagan dan Jalan Boang.

10.Mengusulkan agar setiap bangunan Pemerintah Kabupaten Dairi khususnya bangunan perkantoran dan sebutan lainnya untuk membuat identitas gerda Pakpak.

11.Mengusulkan agar dalam satu hari diwajibkan setiap ASN, serta pegawai instansi lainnya di Kabupaten Dairi memakai pakaian bernuansa Pakpak dan berbahasa Pakpak.

12.Merekomendasikan agar setiap tulisan berupa informasi agar disertakan terjemahan dalam bahasa atau kata Pakpak/tulisan  atau aksara Pakpak.

13.Merekomendasikan agar disekolah-sekolah mulai dari PAUD hingga SLTA mendapatkan pembelajaran tentang muatan lokal bahasa dan aksara Pakpak.

14.Senantiasa ikut serta menjaga kondusifitas, persatuan dan kesatuan masyarakat  Kabupaten Dairi yang heterogen dan tidak ada terjadi kegaduhan.

Sementara Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu menyampaikan ucapan selamat atas dilantiknya  DPP Gema Sicike-Cike periode 2021-2024.Disebutkannya Gema Sicike-Cike merupakan tunas keturunan Sipitu Marga.

"Ini menjadi tolak ukur bagi kebesaran dan perkembagan Sipitu Marga di masa kini dan masa yang akan datang," kata Eddy Berutu.

Sejarah Sipitu Marga sangat menakjubkan dan kawasan Sicike-Cike miliki  legenda yang sangat menakjubkan, mulai dari fenomena danaunya, jenis flora dan fauna yang tidak dimiliki  belahan dunia lainnya.

"Itu Hanya kita temukan di Danau Sicike-Cike, ini membuktikan  betapa mulia dan hebatnya leluhur kita," ucapnya.

Eddy Berutu juga berharap, agar Gema Sicike-Cike bisa menjadi tulang punggung dan garda terdepan kemajuan Suak Keppas di Kabupaten Dairi.

"Mari kita bahu membahu mengawal pembangunan menuju Dairi unggul. Saya terbuka menerima masukan dari Gema Sicike-Cike," pungkasnya.(ds/Hartono)

Share:
Komentar

Berita Terkini