Jual Sabu Ke Polisi, Warga Medan Sunggal Diadili di PN Medan

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo

dailysatu.com - Terdakwa Dandi Setiawan warga Jalan Balai Desa Gg. Kenanga, Kelurahan Sunggal, Kecamatan Medan Sunggal Kota Medan diadili di Pengadilan Negeri (PN) Medan, Rabu (6/10/2021).

Persidangan yang digelar di ruang Cakra 3 PN Medan ini, beragendakan mendengarkan dakwaan dari JPU dan mendengarkan keterangan dari saksi polisi yang menangkap.

Dalam keterangan saksi Feri Setiawan polisi yang menangkap menyebutkan, bahwa dirinya bersama tim nya yang berjumlah 5 orang menangkap terdakwa Dandi di sebuah warung gang mangga. 

Setelah mendengar keterangan saksi, Terdakwa yang ditanya Ketua Majelis Hakim, Nurmiati, SH langsung membenarkan keterangan saksi.

Sebelumnya dalam dakwaan yang dibacakan Jaksa Penuntut Umum (JPU), Ninik Khairani, SH menyebutkan bermula pada hari Kamis tanggal 17 Juni 2021 sekira pukul 14.00 wib seorang informan memberitahukan kepada saksi Guntur Gunawan dan saksi Fery Setiawan Ramadhan adanya pengedar narkotika jenis sabu-sabu dan informan dapat menghubungi pengedar tersebut.

Selanjutnya menyuruh informan untuk berpura-pura memesan Narkotika jenis sabu sebanyak 5 gram kepada penjual tersebut, lalu informan menghubungi penjual Narkotika jenis sabu tersebut melalui sosial media facebook. Dan dalam chat facebook Informan memesan Narkotika jenis sabu sebanyak 5 gram, dan saat itu disepakati harga 5 gram narkotika jenis sabu tersebut sebesar Rp.3.200.000 (tiga juta dua ratus ribu rupiah).

Dan disepakati untuk bertemu pada hari Kamis tanggal 17 Juni 2021 sekira pukul 17.00 wib di Jalan Sunggal, Kelurahan Medan sunggal, Kecamatan Medan Sunggal, Kota Medan. Mendapati hal tersebut  terdakwa langsung menghubungi Wendi (belum tertangkap / DPO) melalui sosial media Facebook  memberitahukan kepada WENDI bahwa ada orang yang akan membeli sabu sebanyak 5 gram. 

Selanjutnya sekira pukul 16.30 wib  Wendi datang kerumah terdakwa di Jl.Balai Desa Gg.Kenanga Kel.Sunggal, Kec.Medan Sunggal, Kota Medan, dan saat itu terdakwa bertemu dengan Wendi di gang dekat rumah. Kemudian Wendi memperlihatkan kepada terdakwa  1 bungkus plastik bening berisi Narkotika jenis sabu yang tersimpan didalam kotak rokok yang akan diserahkan kepada pembeli tersebut. 

Namun saat itu Narkotika jenis sabu tersebut belum diserahkan kepada terdakwa dan masih dipegang Wendi, lalu sekira pukul 17.00 wib calon pembeli saksi Fery menghubungi terdakwa melalui sosial media facebook dan pembeli tersebut memberitahukan bahwa sudah menunggu di Jl.Sunggal Kel.sunggal Kec.Medan Sunggal Kota Medan tepatnya dipinggir jalan.  

Kemudian terdakwa meberitahukan hal tersebut kepada Wendi jika pembeli tersebut sudah datang, kemudian Wendi menyuruh terdakwa untuk menemui pembeli tersebut dan menghitung uang pembelian Narkotika jenis sabu tersebut.

Maka terdakwa langsung berjalan kaki menuju ke Jl.Sunggal Kel.Sunggal Kec.Medan Sunggal Kota Medan, saat itu terdakwa bertemu dengan informan dan saksi Fery lalu terdakwa meminta kepada pembeli tersebut untuk menunjukan uang pembelian Narkotika jenis sabu, maka calon  pembeli tersebut memperlihatkan kepada terdakwa uang pembelian Narkotika jenis sabu sebesar Rp.3.200.000 (tiga juta dua ratus ribu rupiah).

Setelah itu terdakwa meminta kepada pembeli tersebut untuk menunggu, kemudian terdakwa kembali lagi menemui Wendi dan memberitahukan bahwa uang pembelian Narkotika jenis sabu tersebut ada. Kemudian Wendi menyerahkan kepada terdakwa berupa 1 bungkus plastik klip bening berisi Narkotika jenis sabu didalam kotak rokok.

Kemudian terdakwa langsung kembali menemui pembeli dan pada saat terdakwa akan menyerahkan Narkotika jenis sabu kepada pembeli tersebut, beberapa orang anggota Kepolisian Dit Res Narkoba Polda Sumut langsung menangkap terdakwa dan menyita dari tangan  terdakwa berupa 1 bungkus plastik klip bening tembus pandang berisi Narkotika jenis sabu didalam kotak rokok.  

Selanjutnya anggota Kepolisian langsung membawa terdakwa berikut barang bukti kekantor Ditresnarkoba Polda sumut, lalu 1 bungkus plastik klip bening tembus pandang berisi Narkotika jenis sabu dilakukan penimbangan, dan Narkotika jenis sabu tersebut seberat 4,77 gram.

Perbuatan terdakwa sebagimana diatur dan diancam Pidana pasal 114 (1)    UU RI No. 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika atau kedua pasal 112 (1)  UU RI No. 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika.(Sagala)

Share:
Komentar

Berita Terkini