Jalan Dan Jembatan Alami Kerusakan, Warga Taput Desak Pemprovsu Segera Lakukan Perbaiki

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo

dailysatu.com - Warga Tapanuli Utara (Taput), meminta kepada pemerintah Provinsi Sumut dan Pemerintah Pusat segera memperbaiki jalan dan jembatan yang menjadi prioritas dan mendesak untuk ditangani di wilayah Kabupaten Taput.

M Simatupang, seorang sopir angkutan umum, Kamis (14/10/2021) mengatakan salah satu ruas jalan yang cukup memprihatinkan kondisinya, yaitu jalan Tarutung - Sipahutar - Pangaribuan - Garoga. Kemudian, ruas jalan Siborongborong - Sipahutar sekitar 20 km, kondisinya juga mengalami kerusakan di beberapa titik.

Sekitar 10 kilometer ruas jalan Tarutung - Sipahutar bahkan kondisinya cukup parah yang mengakibatkan kerusakan pada angkutan mereka yang mengakibatkan pengeluaran dana cukup besar untuk perbaikan kendaraan hampir tiap minggu.

Lanjutnya, begitu juga di wilayah Desa Aek Tangga Kecamatan Garoga, sekitar 5 km kondisi jalan banyak lubang besar mengakibatkan kendaraan umum dan pribadi sering terjadi kerusakan fatal.

"Kondisi jalan rusak ini sudah seperti zaman tahun 70 an, pengendara yang tidak tau kondisi bisa celaka apabila tidak ekstra hati-hati. Jalan yang hancur ini tentu berdampak pada ekonomi kami para sopir angkutan. Dimana pendapatan kami tidak sebanding dengan kerusakan mobil," ungkap Simatupang.

Hal yang sama, Boru Hutabarat, seorang warga Kelurahan Partali Toruan, Kecamatan Tarutung, Rumahnya persis di Jalan Provinsi Tarutung - Sipahutar, mengeluhkan kondisi jalan cukup parah dan berlubang. Pengendara motor bahkan sering terjatuh dan mengalami kecelakaan akibat kondisi jalan yang hancur.

Apabila musim kemarau, mereka mengeluhkan debu jalan berlubang dan tentu mengganggu kesehatan warga. Bila musim hujan, disekitar permukiman mereka kerap banjir seperti kubangan kerbau karena parit jalan tidak berfungsi.

"Kita mendesak agar Pemprovsu dan Pusat segara dan secepatnya memperbaiki jalan ini," tegasnya.

Di Kecamatan Muara, seorang warga M Rajagukguk, meminta kepada Pemprovsu agar memperbaiki jembatan yang sudah lama rusak dan terbengkalai. Karena jalan dan jembatan tersebut merupakan salah satu akses menuju objek wisata Danau Toba dan juga akses cukup vital bagi warga Sitanggor Kecamatan Muara dan warga Meat di Kabupaten Toba.

Kepala Dinas PUPR Taput, Dalan Simanjuntak, menjelaskan Bupati Taput, Drs Nikson Nababan, sudah mengajukan permohonan agar semua jalan Provinsi dan jalan Nasional secepatnya ditangani pemerintah pusat. 

"Beberapa waktu lalu pihak Kementerian PUPR sudah datang meninjau bersama Pemprovsu dan mudah-mudahan seluruh jalan yang diusulkan bisa segera ditangani," jelas Dalan Simanjuntak.

Dikatakannya, untuk ruas jalan objek wisata Danau Toba, Muara, Taput - Bakkara, Humbang Hasundutan, sudah tuntas dibangun. Sementara ruas jalan Pangaribuan hingga perbatasan Tapanuli Selatan sudah diusulkan ke pusat dan diharapkan bisa ditangani tahun depan. (ds/Bisnur Sitompul)

Share:
Komentar

Berita Terkini