Haris Kelana Damanik Desak Pemko Maksimal Atasi Masalah Tawuran dan Pungli di Belawan

Dibaca:
Editor: dicky irawan author photo


Dailysatu.com- Masalah kesenjangan sosial berdampak tindak kejahatan dan seringnya terjadi tawuran di Medan Belawan menjadi sorotan anggota DPRD Medan Haris Kelana Damanik. Apalagi hingga terjadi pemerasan hingga berbuntut kekerasan bagi pengendara di Jalan Tol Belawan oleh pemuda pengangguran diminta menjadi perhatian serius Pemko Medan.

Menurut Haris Kelana Damanik kepada wartawan, Senin (4/10/2021), seringnya terjadi tawuran di Medan Belawan harus segera diselesakan. Pemko Medan harus mengandeng Forkopimda Kota Medan mencari akar masalah dan memberikan solusi. Begitu juga dengan seringnya tindakan pemerasan di Jalan Tol yang dilakukan kelompok pemuda harus ditindak tegas berikut pembinaan.

"Tindakan tegas harus dilakukan Polisi sesuai ketentuan hukum. Namun itu tidak cukup untuk memberikan efek jera kepada pelaku tawuran dan pemerasan. Tetapi Pemko Medan harus hadir memberikan pembinaan khususnya para remaja," tegas Haris Kelana Damanik.

Disampaikan Haris, tindakan pemerasan di Jl Tol jangan sampai ada pembiaran. Aparat hukum dan Pemko Medan harus bertindak tegas kepada pelaku. "Jangan sampai merajalela dan ajang lahan," ujar Haris seraya menyebut kejadian serupa sudah pernah terjadi.

Dikatakan Haris Kelana Damanik asal daerah pemilihan (dapil) II (Kecamatan Medan Belawan, Medan Labuhan, Medan Deli dan Medan Marelan) itu. Persoalan yang terjadi di kawasan Medan Utara bukan hanya karena kenakalan remaja biasa. Tetapi kata Haris, terkait kesenjangan sosial faktor ekonomi. 

"Kemiskinan dan termasuk minimnya pembangunan di Medan Utara menjadi faktor utama," sebut Haris.

Untuk itu, Pemko Medan supaya memberikan perhatian lebih untuk perbaikan infrastruktur di Medan Utara. Begitu juga soal pembukaan lapangan kerja bagi warga Belawan pantas difasilitas. 

Apalagi tambah Haris Damanik selaku anggots Komisi 2 DPRD Medan membidangi kesejahteraan masyarakat. Pemko Medan telah membentuk forum pusat pengembangan ketrampilan Skill Development Center (SDC). Melalui program SDC diharapkan warga Belawan dapat dilakukan pembinaan dan ketrampilan untuk mampu bersaing di dunia usaha. 

Dikatakan Haris, saat ini Pemko Medan melalui SK Nomor 563/25.k/vii/2021 tentang forum pusat pengembangan ketrampilan Skill Development Centre (SDC) Kota Medan periode 2021 – 2024. Pembentukan forum SDC  kiranya dapat pemuda pengangguran mendapat pembinaan ketrampilan pengadaan tenaga kerja, peningkatan kualitas sumber daya manusia dan skill (ketrampilan).

Diketahui, belakangan ini sering terjadi tawuran antar kelompok di Medan Belawan. Pelakunya didominasi pemuda penganguran. Begitu juga dengan tindak pemerasan bagi pengguna Jalan Tol Belawan. Parahnya, bagi pengendara yang  tidak berkenan memberikan sejumlah uang bagi pemuda mendapat pengrusakan kendaraan atau dilempar batu. (DS/ Dik)

Share:
Komentar

Berita Terkini