DPRD Gunungsitoli Terima Nota Penghantar Ranperda RPJMD 2021-2026

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo

dailysatu.com - DPRD Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara, menerima nota pengantar Ranperda RPJMD Kota Gunungsitoli Tahun 2021-2026.

Nota penghantar tersebut disampaikan Sekda Kota Gunungsitoli, Ir. Agustinus Zega, dalam rapat paripurna DPRD, Senin (11/10/2021) kemarin.

Kepada wartawan, Sekda Kota Gunungsitoli mengatakan bahwa Ranperda RPJMD Tahun 2021-2026 merupakan penjabaran dari Visi dan Misi Walikota dan Wakil Walikota Gunungsitoli.

“Berdaya saing dalam visi diartikan sebagai kapabilitas pemerintah beserta masyarakat yang memiliki keunggulan, komparatif, kompetitif menghadapi persaingan, menciptakan kesetaraan, dan merespon dinamika tuntutan pembangunan daerah", ujar Sekda.

Selain itu, Nyaman mengandung makna Kota Gunungsitoli menjadi rumah yang ramah, bersih, berbudaya, dan tenteram dengan dukungan infrastruktur memadai serta sistem perkotaan dan tata lingkungan terintegrasi.

"Sedangkan Sejahtera, diinterpretasikan sebagai masyarakat yang mampu memenuhi kebutuhannya secara layak melalui peningkatan pendapatan, terbukanya lapangan pekerjaan, dan berkurangnya penduduk miskin,” papar Sekda.

Sekda menerangkan, sasaran pembangunan daerah di periode RPJMD 2021-2026 diharapkan tercapai melalui strategi kebijakan efektif, arah dan fokus pembangunan, implementasi pembangunan daerah, serta program perangkat daerah yang dirumuskan secara terukur.

"Pada prinsipnya, seluruh program pembangunan daerah yang disusun pemerintah daerah merupakan manifestasi dari program unggulan dan janji politik Walikota dan Wakil Walikota Gunungsitoli pada saat Pilkada Tahun 2020 silam", kata Sekda.

Untuk diketahui, lanjutnya, program pembangunan daerah yang dimuat dalam Ranperda RPJMD 2021-2026 memiliki orientasi aspek kualitatif dengan penajaman terhadap hasil akan dicapai melalui kegiatan secara selektif sebagaimana rencana strategis (Renstra) perangkat daerah.

"Dalam Ranperda RPJMD Tahun 2021-2026, Pemerintah Kota Gunungsitoli menyajikan indikator kinerja perangkat daerah sebagai target keberhasilan pembangunan yang rencananya diwujudkan selama lima tahun. Dimana proyeksi capaian indikator kinerja terdistribusi sebagai indikator kinerja utama daerah, indikator kinerja kunci pemerintah daerah, indikator kinerja utama perangkat daerah, serta indikator program masing-masing perangkat daerah", tandas Sekda.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Gunungsitoli, Yanto, menjelaskan setelah menerima nota penghantar Ranperda RPJMD 2021-2026 pihaknya akan memboboti dan mempertajam setiap substansi dalam Ranperda yang disampaikan.

"Sehingga menghasilkan dokumen perencanaan pembangunan daerah yang berkualitas sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan. Dengan begitu, terciptanya kesepakatan antara DPRD dan Pemerintah Kota Gunungsitoli untuk menetapkan Ranperda RPJMD 2021-2026 menjadi Peraturan Daerah,” ucap Yanto. (ds/Ris)

Share:
Komentar

Berita Terkini